Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Macan Bertampang Ducati 848

billy - Rabu, 24 April 2013 | 11:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bukan sembarangan DJ Custom menggarap macan besi yang dimiliki Iim Ibrahim. DJ Custom yang dikomandoi Deddy Dermawanto ini, fokus membuat penampilan Honda Tiger Revo dari asal mulanya berwujud motorsport touring, menjadi racing look mengenakan full fairing.

Ngomongin soal aliran, Tiger ini memang sengaja dibuat menyerupai layaknya moge buatan Italia, Ducati. “Mulai dari tangki sampai bodi belakang terisnipirasi dari Ducati 848. Hanya fairingnya saja yang memang saya buat konsep sendiri,” kata modifikator 23 tahun ini.

Iim yang akrab dipanggil Boim langsung kepincut lihat garapan perdana DJ Custom ini. Makanya tak lama Tiger yang awalnya punya Deddy, kemudian berpindah tangan kepada Boim. Deddy patut bangga hasil karyanya dihargai orang lain. “Saya coba membuat modifikasi motor ini lebih berestetika dan bisa dipakai untuk harian juga,” ujar Deddy.

No caption
No credit
No caption

Penyesuaian pertama dilakukan pada bagian rangka belakang. Ini untuk menyiasati buntut agar tampak nungging sesuai mirip Ducati 848. Cara yang dilakukan Deddy, bukan dipotong kemudian disambung dengan pipa rangka baru. Melainkan, rangka asli dinaikkan sekitar 6 cm dengan gunakan hidrolik. Proses ini, DJ Custom cukup jeli. “Sedikit saja kurang presisi, handling pasti nggak nyaman karena rangka nggak sempurna,” jelas modifikator yang sekarang masih tercatat sebagai mahasiswa semester 4 jurusan Public Realtion.

Kelar mengubah sub frame, area kaki belakang ikut dibenahi. Swing arm custom buatan DJ Custom dipasang dengan model banana. “Terbuat dari plat besi dengan tebal 5 mm,” tambahnya. Sedangkan kaki depan masih pakai punya standar.

Biar konsep modifikasi tak terlalu ekstrim, tetapi secara keseluruhan modifikasi yang dilakukan DJ Custom punya ciri khas sendiri. Bukan hanya ngomongin barang-barang mahal yang harus nemplok di motor. Tapi, sesuai peruntukkan motor ini masih bisa dipakai secara fungsional.

Sekedar bikin penampilan berubah memang mudah, tetapi biar unsur detail yang maksimal juga harus diprioritaskan. Buktinya dengan penampilan seperti ini, Deddy sudah test ride sampai pulang kampung ke Tegal, Jawa Tengah. Pantas saja Boim kepincut untuk memilikinya. 

Headlamp Jupiter MX


Tangki dan bodi belakang memang meniru Ducati 848. “Dibuat khusus dengan serat fiber,” kata bos DJ Custom yang mangkal di Jl. Raya Jati Kramat No.88 (Samping Pom Bensin), Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Fairing custom dengan konsep desain sendiri juga jadi ciri menarik garapan DJ Custom. “Beberapa dudukan pengikat bodi fairing saya pastikan bisa nempel sempurna. Biar headlamp juga bisa dipasang dan bisa dioperasikan,” tambah Deddy.

Dengan headlamp dan stoplamp terpasang, menjadikan motor ini lebih fungsional. Bukan hanya kejar modifikasi tampilan saja. Selain itu, suspensi belakang juga lebih sempurna. "Ini hasil kombinasi monoshock Honda NSR 150 dengan swing arm model banana," tutup Deddy.  (motor.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: FDR 110/70-17
Ban belakang : FDR 130/70-17
Knalpot : Custom
Pelek : Axio
DJ Custom : 0857-1150-5000

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa