Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Absolute Revo, Kompresi Ideal Buat Sliding

billy - Sabtu, 23 Maret 2013 | 11:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Saat melibas cornering sikuit Stadion Maulana Yusuf, Serang-banten, ban belakang Willy Hammer nampak selalu sliding. Nampaknya itu memang karakteristik sang pembalap yang selalu bejek gas saat keluar tikungan. Sehingga sedikit sliding.

“Harus pintar atur setingan perbandingan kompresi mesin, tentu agar motor enggak terlalu kuat di putaran bawah. Kalau kompresi tak cocok, sliding berlebihan dan gelosor,” papar Mitayantho, mekanik dari tim Honda Rinjani.

No caption
No credit
No caption

Setingan kompresi yang paling pas sesuai karakter Willy Hammer, perbandingan kompresi Honda Absolute Revo dibikin jadi 13,5 : 1. Tentunya setingan segini bila aplikasi bahan bakar bensol, masih terbilang kecil. Biasanya, di atas 14 : 1. Ini kombinasi dari penggunaan piston diameter 54,4 mm yang dibikin mendem 0,6 mm dari bibir silinder.

“Dengan begitu putaran bawah power enggak terlalu besar, tetapi peak power akan terasa di 12.500 rpm,” jelasnya.

Sayangnya, gaya balap yang dimiliki Willy Hammer, kurang didukung oleh pemilihan ban yang mumpuni untuk diajak sliding. Sehingga saat lap-lap terakhir kelas Bebek 4-Tak 125 cc Tune-Up (MP1), performa ban mulai berkurang.

“Nampaknya ban yang dipakai performanya sudah mulai berkurang dan seperti terkena oli, sehingga melorot. Selain itu pemilihan final gear 14/40 mata saat final race, masih dirasa kurang pas. Akibatnya rpm cepat teriak, padahal final gear sudah diturunkan yang awalnya pakai 14/41 mata ketika penyisihan,” sesal Willy Hammer kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan.

Tapi, skill balapan Willy di sirkuit kebanggan kota Banten ini harus diacungi jempol. Walau sempat tercecer keluar lintasan saat bertarung untuk deretan 4 besar terdepan, dia semangat kembali ke lintasan lagi.

Dengan semangatnya, dia berhasil mencetak waktu tercepat alias best time untuk kelas MP1. Yaitu, 45,59 detik. Tapi, sayangnya hanya berhasil finish di urutan ke-9 MotoPrix Region 2 Seri 1, 2013 ini. Yang penting sudah bisa tembus best time, Bro.

Next time, podium pertama sudah di depan mata! (motorplus-online.com)



DATA MODIFIKASI
CDI: Rextor Pro Drag
Koil: Honda Absolute Revo
Sok breker: Ohlins
Pelek: Excel Takasago 1,60 x 17
Ban: FDR MP76 90/90-17
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa