Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Byson, Modif Karena Badan Besar!

billy - Kamis, 28 Februari 2013 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bermodalkan fiberglass, Yamaha Byson ini coba diubah menjadi lebih sporty. Kesan jantan dari genre Byson yang street fighter, seakan luntur dan tertutupi oleh fairing yang mengusung konsep dari Honda CBR600RR.

Hal ini diidamkan Renaldo semenjak memiliki Yamaha Byson yang baru saja ditebusnya dari showroom. Itu karena baginya, bentuk asli Byson belum cukup mendukung untuk menemaninya riding.

Penyebabnya, postur badan pria yang tinggal di kawasan Tangerang ini cukup besar. Jadi, kudu memodif motornya agar lebih proporsional diajak berkendara.


“Saya coba pasang fairing, karena badan saya besar. Kalau masih tetap pakai Byson yang bawaan aslinya street fighter, agak kurang cocok,” bilang Renaldo.

Untuk masalah modifikasi motor, diserahkan ke Wardoyo. Modifikator satu anak satu ini, tidak mendapatkan kesulitan dalam mewujudkan keingin itu. “Saya sudah pernah buat motor yang konsepnya diinginkan Renaldo. Jadi, ya enggak terlalu sulit-sulit banget lah,” sahut Wardoyo yang pemilik Gandul 2 Wheel Custom (G2C) itu.


Awalnya, Wardoyo coba membentuk fairing depan dengan cetakan yang sudah dibuat. Bahan serat kaca alias fiberglass jadi modal utama untuk memperindah tampilan Byson. Lalu, dudukan alias braket fairing dibuat pakai pelat besi tebal 1 mm agar terpasang sempurna.

Giliran tangki! Demi menyesuaikan fairing yang bentuknya sharp, wadah bahan bakar Byson dibalut kondom dari fiber. Jadi, bentuknya proporsional dengan baju baru itu. Bentuknya pun, tentu dibuat lebih sporty lewat garis-garis tajam.

Menuju bodi belakang sekarang. Nah, buat pasang bagian buntut ini tak perlu lakukan ubahan rangka. Itu karena sub frame Byson standar sudah nungging. Jadi, rangka asli tak perlu dicustom buat pasang bodi baru. Tinggal pasang braket.

Bodi belakang yang setema dengan CBR600RR, dibuat model knock down alias bisa bongkar-pasang. “Sengaja, kalau sewaktu-waktu mau ganti warna atau jatuh, kan gampang tuh bongkarnya,” Tutup wardoyo yang punya alamat bengkelnya di Jl. Gandul Krukut, Cinere, Jakarta Selatan. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC 120/70-17
Ban belakang: Zeneos 150/60-17
Lampu depan: Minerva 150
Setang : Custom
G2C : 0878-8127-8980
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa