Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Duet Honda GL-Pro, Konsep Penakluk Seribu Gunung

billy - Sabtu, 23 Februari 2013 | 12:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Judul di atas, jadi jawaban Rahmat Hidayat yang pemilik Honda GL- Pro berkelir Repsol ini. Doi gemar ikutan adventure ke segala pelosok Pulau Jawa. Mulai Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Bos rumah modifikasi Barata Motor (BM), Cilacap, Jawa Tengah yang akrab disapa Yayat ini, tos bro juga dengan Ari Herlambang yang sama-sama memodif kuda besi bergaya trial. Ya, desain motor yang piawai melompati segala medan dan enteng bermanuver di segala kontur geografis tanah ini.

Desain adventure di Indonesia memiliki trek yang beragam. Tapi, trek pendek dengan turunan dan tanjakan curam nampak lebih familiar ketimbang trek panjang. Tak heran modifikasi bergaya trial ini lebih cocok dipakai dengan gaya trek yang dilalui seputaran Pulau Jawa.

No caption
No credit
No caption

“Model trial membuat traksi dan manuver lebih ideal. Mudah dikendalikan dan tak capek,” kompak anggota TANK (Trail Adventure Nusakambangan) ini. Poin dari konsep trial adalah, membuat sasis yang enteng. Tujuannya, agar mudah diajak melompat dan enteng dibopong jika tergelincir atau terjerembab.

Makanya, Yayat fokus pada desain yang merujuk ke model trial Gas Gas sebagai konsep modif. “Sasis total diganti. Untuk GL-Pro Repsol hanya down tube dan komstir asli yang digunakan. Selebihnya saya pakai pipa gas 1 inci sebagai sasis baru hingga ke bagian tengah,” papar modifikator dari Jl. Raya Tritih Wetan, Proliman, Jeruk Legi, Cilacap.

Sedangkan GL-Pro 97 berkelir biru memadukan desain dan fungsi pada ubahan sasisnya. Seperti down tube dibuat dua buah yang langsung menyambung hingga bagian bawah mesin. Sasis ini, sekaligus sebagai dudukan cover pelindung mesin. Sehingga mesin aman jika tersangkaut batu atau tanah keras yang bisa merusak mesin.

Buat dipacu di kontur tanah yang kribo, harus menggunakan komponen yang teruji sesuai spek off-road. Juga harus sesuai dengan konsep. So, Yayat lebih memilih ajrutan depan comotan Suzuki TS yang terbukti kualitasnya di segala medan.

Sedangkan sok belakang, sedikit berbeda antara pilihan Yayat dan Ari. Yayat lebih pede dengan sok belakang KTM 250 kombinasi lengan ayun Kawasaki Ninja 150. Sedangkan milik Ari, cukup dengan sok belakang Yamaha V-ixion plus swing arm kustom. Gas teyus....!! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
GL-Pro Repsol
Ban depan: Kenda 2,75 x 21
Ban belakang: Pirelli 4,00 x 18
GL-Pro Biru
Ban depan: IRC 2,75 x 21
Ban belakang: IRC 4,00 x 18
BM: 0815-4886-2229
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa