Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha V-Ixion, Ogah Terkesan Bollywood

billy - Rabu, 30 Januari 2013 | 19:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sejak ‘lahir’ Yamaha V-ixion sudah punya aura sporty. Tetapi, hanya karena modelnya yang tidak memakai fairing, akibatnya banyak bikers Tanah Air penikmat motor 150 cc injeksi ini mencontek desain ala V-ixion India alias Yamaha R15 buat acuan modifikasinya.

Berbeda dengan Iwan Kartiwan yang tak ingin ikut-ikutan ngemodif dengan model V-ixion ala negeri Bollywood. Alasannya sederhana, karena fairing yang dijual di pasaran terbuat dari fiberglass. “Makanya saya lebih senang memilih fairing Kawasaki Ninja RR yang terbuat dari plastik ABS agar lebih kuat dan ringan,” ujar pria asli Singapura, eh salah, maksudnya Singaparna, Tasikmalaya. Hehehe...

Tetapi, biar bentuk fairingnya tak sama ‘plek’ dengan Kawasaki Ninja RR, Iwan memboyong motor dan fairing tadi ke Ivan Kismanto. Selain teman, Ivan juga seorang modifikator.

No caption
No credit
No caption

Maka itu, fairing dimodif lagi. Caranya, dengan mengubah bentuk model lampu. “Fairing dicustom pakai bahan plastik tebal 4 mm,” sebut Ivan yang juga owners Wiguna Motor di Jl. Kalimati, Gg. Q No. 210, Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Efek dari pemasangan fairing itu, akhirnya merambah sampai ke bodi belakang. Untuk bodi belakang dipilih model bodi buntut yang mirip Kawasaki New Ninja 150. Tapi, agar bodi belakang tadi bisa nempel, kudu diberi dudukan pelat besi tebalnya 3 mm lewat cara dilas di sasis.

Beres mainan bodi, ternyata Ivan belum puas. biar terkesar kekar, kaki-kaki pun dijamah. Swing arm comot dari Cagiva Mito, sedangkan bagian depan masih mengandalkan sok aslinya. “Pakai sok aslinya juga motor tetap terkesan gagah,” jelas Ivan yang juga punya usaha jualan pakaian bikers berngaran X one Sport di Petokoan Pasar Pagi, Mangga 2, Lantai 3, Jakarta Barat itu.


Setelah semuanya beres, tinggal perangakat ciet yang perlu diubah. Tujuannya, agar motor nyaman jika diajak riding. Cakram depan, diganti piiringan aftermarket yang khusus buat V-ixion. Sedangkan bagian belakang, piringan dan kalipernya andalkan Suzuki Satria 120 R dan master remnya comot Kawasaki Ninja RR.

Gak sekalian beli Ninja?  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Dunlop 110/70-17
Ban depan: Michellin 160/70-17
Knalpot: R9
Handgrip: DBS
Miguna Motor: 0812-9647213

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa