Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda GL 100, Bosan Cafe Racer Tinggal Lepas!

billy - Rabu, 13 Februari 2013 | 12:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Aihhhh...!­ Begini nih jika modifikator cerdas, bisa mengerti lebih kemauan konsumennya. Iya, Honda GL 100 1985 milik Haris ini memang tulen terlihat genre café racer. Tapi suatu ketika, bisa berganti ke Jap’s style jika bosan.

“Permintaan itu langsung dari pemilik. Saya hanya coba menerapkan saja. Kalau bosan, Haris tinggal melepas buntut tawon atau bodi belakang. Ditambah penggantian setang, sudah bisa jadi Jap’s style bang,” jelas Tumpal Siallagan, modifikator Ridolo Chopper Bike (RCB).

Alasannya bisa begitu, karena bodi belakang alias sub frame dibuat melingkar. Artinya, sasis sebelah kiri bertemu langsung dengan sasis bagian kanan tanpa terputus di ujung rangka. Tetapi sebelumnya, Tumpal mendesain wadah bahan bakar lebih dulu. Tujuannya, agar bisa menetapkan panjangnya rangka belakang tambahan yang akan dibuat nantinya.

Buat tangki, murni desain dari Tumpal. Dia hanya melihat model tangki pacuan café racer yang ada di motor lawas. Setelah itu, dia lantas kembangkan desain dan membuat wadah baru dari pelat galvanis tebal 0,8 mm.


"Saya coba berikan coakan di bagian belakang tangki. Coakan ini bisa berguna untuk tekukan lutut agar bisa masuk ke dalam ketika berkendara,” beber Olo, sapaan akrab Tumpal yang lahir di Siantar, Sumatera Utara 35 tahun silam. Dengan desain yang sekarang ini, tangki bisa menampung 7 liter Premium.

Setelah didapat panjang tangki yang diinginkan, barulah Olo mengubah sub frame menjadi bentuk landai. “Mulai dari bagian dudukan sok atas, terjadi penambahan panjang sekitar 10 cm. Sasis belakang ini dibuat dari pipa besi diameter 22 mm,” aku modifikator yang base-nya di Jl. Jagakarsa Raya, No. 41, RT. 07/09, Jakarta Selatan.

Karena sub frame sudah terbentuk ulang, bodi belakang juga dibentuk pakai bahan yang sama dengan tangki. Bentuknya jadi kesatuan mulai dari di bagian ujung bawah tangki hingga ke belakang yang menyerupai buntut tawon. Buat pemanis, bodi samping juga aplikasi dari besi pelat 0,8 mm. Tak lupa, nomor start 27 dipakai agar bernuansa balap. “Nomor diambil dari tanggal lahir Haris,” aku Olo.

Mantap kali. Olo..olo..! (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Mizzle 100/70-17
Ban belakang : Mizzle 120/70-17
Pelek depan : Champ 2.50 x 17
Pelek belakang : Champ 3.50 x 17
Sok belakang : YSS
RCB : 0821-13992726

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa