Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CB175 Twin SS Supersport, Karuhun Prajamukti

billy - Selasa, 5 Februari 2013 | 10:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Purnama, builder Glanets Radical Kustom mengaku orang Sunda asli. Ia sangat concern budaya Sunda dan ingin mewujudkan lewat karya modifikasi. ”Ini motor pribadi saya, sebagai maskot bengkel juga persembahan kecintaan pada leluluh,” bukanya sungguh-sungguh.

Mulai  konsep yang tak mau jauh dari nilai para leluhur. Untuk warna misalnya, dominan hitam, putih dan kelir tembaga. Putih di sebagian motor,  diambil dari batu kalimaya ditambah unsur fosfor hingga menyala seperti tasbih di malam hari. “Masuknya unsur tembaga punya filosofi keabadian bagi lelulur dahulu,” jelasnya.
No caption
No credit
No caption

Detail juga berpegang teguh pada konsep tadi. Mulai bagian depan dan perangkat pendukungnya dari gabungan Binter Merzy, Suzuki TS juga segitiga atas-bawah  Honda NV enggak dibiarkan standar. Soknya didesain mirip bambu lengkap ornamen di antara T atas-bawah  mirip cemeti yang sering dipakai jawara-jawara zaman dulu.

Sok juga dikondomi, dikelir hitam lengkap  jarahan pen brush, ol  skool motif hiasan-hiasan tatar Priangan. ”Pengaruhnya tak hanya dari tatar Priangan timur, tapi juga Banten dan sekitarnya,” jelas Purnama lagi.  Masih di zona itu, desain setang diambil dari gaya boardtrack plus handel setang layaknya motor-motor tahun 30-an.

Ke belakang, tangki custom terinspirasi Norton. “Ini sinergi dengan depan yang ol skool, belakang jok single seater garapan Joe, lengkap ukiran kulit bergambar tengkorak. Oleh sang ownerdikasih hiasan kujang dan ornamen lainnya.

Buat Glanets Kustom, baju ‘tua’ bukan berarti operanti dalam enggak canggih. Motor ini sudah full performa, seher pakai GL-Pro Neo Tech, kem bubutan ubtuk ini dibantu pihak Pindad, relasi bengkel.

Girboks, gigi 1 dan 5 pakai CB 125 Twin yang memang cocok. “Ibarat manusia, layaknya jawara Sunda yang  gesit dan sakti dalam setiap pertempuran. Seperti  Karuhun Prajamukti, nenek moyang orang Jawa Barat,” tutup mereka!. (motorplus-online.com)

Data Modifikasi
Pelek : TK
Ban :Swallow 120/80-18
Glanet :08782-5444-919

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa