Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda GL Pro Neo Tech, Head Blok dan Kruk As Scorpio

billy - Jumat, 21 Desember 2012 | 09:48 WIB
Modifikasi Honda GL-Pro Neo Tech
Dok. OTOMOTIF
Modifikasi Honda GL-Pro Neo Tech


Ubahan mesin agar lebih kencang sekaligus tampilan yang oke memang opsi sebuah modifikasi. Salah satunya dilakoni Andi Prananto pada Honda GL Pro Neo Tech 1997.

Lajang yang mengaku dulu freestyler sekarang sudah pensiun ini terlihat membenamkan boring plus silinder head Yamaha Scorpio pada mesin GL Pro Neo Tech-nya.


Gentong, panggilan akrab Andi Prananto, mengaku lebih mantap benamkan properti milik Scorpio supaya lebih bertenaga. Tujuannya supaya tunggangan jadi makin sip untuk turing jauh.

“Urusannya ribetnya. Lebih ribet benamkan boring dan silider kop Suzuki Satria F-150. Satu contoh ketika akan mencopot busi. Kan mesti copot tangki segala,” bilang Gentong, warga Grinsing Cemani, Grogol, Sukoharjo, Solo itu.

Modifikasi Honda GL-Pro Neo Tech
Dok. OTOMOTIF
Modifikasi Honda GL-Pro Neo Tech
Enggak usah heran kalau Gentong mantap pilih komponen atas mesin Scorpio. Namun doi juga tambahin nih. Mengaplikasi kepala silinder atas Scorpio juga tak mudah. Lho pie iki? Salah satunya karena dimensi rantai kamprat yang berbeda dengan mesin GL Pro Neo Tech dan besarnya boring silinder bawaan Scorpio bila dijejalkan pada crankcase GL Pro.

Singkatnya perlu beberapa ubahan. “Diantaranya mengukur posisi piston supaya pas di tengah. Walah proses milingnya sampai 3 kali. Lalu penyesuaian posisi rantai kamprat yang di kanan. Maka, kruk as Scorpio sekaligus saja diaplikasi. Selanjutnya, pakingnya mesti bikin sendiri pakai tembaga,” beber lajang 27 tahun itu.

Setelah ubahan mesin selesai, tampilan diubah mengarah gaya klasik, se-perti comot tangki Honda Dream dan memasang lampu bulat. Sein bulat dan stop lamp Suzuki TS 125.

Alhasil, daya dan gaya bisa kesampaian. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Corsa 110/70-17
Ban belakang: Corsa 130/70-17
Pelek depan: Sprint 3,00 x 17
Pelek belakang : Sprint 3,50 x 17
Sokbreker depan: Yamaha Byson
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa