Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

4 Perangkat Cegah Begal dan Pencurian Motor!

Otomotifnet - Selasa, 24 Maret 2015 | 12:09 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Beberapa bulan terakhir, aksi begal (perampasan motor yang disertai kekerasan) cukup marak di wilayah Jabodetabek, khususnya di malam hari. Tak ayal buat masyarakat resah dan khawatir bila hal ini menimpa mereka.

Namun kalau memang terpaksa harus pulang malam atau aktifitas pekerjaan menggunakan motor pada malam hari, sebaiknya tunggangan dilengkapi pengaman tambahan. Tentunya agar motor enggak gampang dibawa pulang oleh aksi para pembegal tersebut.

Sedangkan pengaman tambahan yang ada di pasaran modelnya beragam, di antaranya alarm, kunci rahasia, Smart Key dan GPS Tracking. • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption


Kunci Rahasia
Beberapa bengkel menawarkan kunci rahasia yang rata-rata hasil racikan sendiri. “Kalau saya biasa pasang kunci rahasia yang pada saat masuk gigi tertentu, mesin langsung mati. Bahan dasarnya dari flasher, saklar, kabel dan klakson orisinal. Pemasangan sekitar 2 jam dengan ongkos Rp 150 ribu,” ujar Nazar, empunya Nazar Motor, di Jagakarsa, Jaksel.

Basio, mekanik Matic Shop di Ciledug, Jaksel juga menawarkan kunci rahasia model sentuh dengan harga Rp 100 ribu sudah termasuk ongkos pasang selama 1 jam.

“Agar mesin bisa di-starter pembesut harus menyentuh sensor pakai tangan atau jari. Meski kunci kontak sudah ON, tapi kalau sensor rahasia tidak disentuh, mesin tidak bisa menyala,” imbuh Basio.


No caption
No credit
No caption


Smart Key
Produk pengamanan motor ini sudah jelas produk pintar. Pasalnya telah menggunakan teknologi canggih immobilizer, seperti  yang dipakai pada mobil-mobil keluaraan terbaru. Terdiri dari Smart Coin (koin pintar) yang merupakan pemancar kode keamanan yang tidak dapat dilacak.

Koin ini memberikan sinyal kode akses agar mesin motor dapat beroperasi. Selain itu juga memiliki kelebihan tahan air dan tidak menggunakan baterai  sehingga bisa dipakai selamanya. Bagian berikunya merupakan modul kontrol, yang dikendalikan oleh micro computer guna pengolahan data yang disampaikan oleh koin pintar tersebut.

“Pencuri maupun begal tidak akan bisa kabur jauh, karena smart key masih ada di tangan sang empunya motor,” terang Tommy Huang, empunya BRT (Bintang Racing Team) di bilangan Cibinong, Jabar.


No caption
No credit
No caption


Alarm
Peranti ini banyak dijajakan di toko-toko aksesori maupun bengkel motor di sekitar kita. Biasanya dilengkapi speaker dan remote. Nah dari beberapa alarm, ada juga yang remote-nya sekaligus berfungsi sebegai starter jarak jauh.

Merek yang ditawarkan juga beragam; MOCC, Agiva, Axio, Ego, HMF, Vortex dan masih banyak lagi. Harganya mulai Rp 50-250 ribu. “Motor enggak bakal bisa di-starter kalau tombol remote enggak diaktifkan. Jadi untuk antisipasi begal, sebaiknya remote jangan digantungkan di anak kunci, tapi disimpan pada tempat lain,” ujar Koh Apin, juragan Surya Motor di bilangan Ciledug, Tangerang.




GPS Tracking
Peranti ini merupakan perangkat pelacak atau yang lebih dikenal dengan GPS Tracker. Sudah banyak yang menawarkan alat ini, salah satunnya GPS Tracker Superspring, yang gerainya berada di ruko Mangga Dua Square, Jakut. Ongkos tebusnya sekitar Rp 1,5 juta dengan layanan gratis selama 6 bulan. Setelah itu hanya membayar Rp 250 ribu per 6 bulan.

Pemasangannya juga mudah karena hanya menyambungkan kabel GPS Tracker dengan kunci kontak, maka alat ini akan otomatis aktif. “Dalam GPS ini terdapat SIM card yang langsung mengirim data, dimana posisi motor berada saat itu juga melalui komputer maupun smartphone.

Peranti ini masih bisa aktif selama 6 jam meskipun aki dicabut,” terang Ade Habibie, Director of Distribution and Public Relation Superspring.


Kontak:
Surya Motor : 021-7312527
Basio : 0813-82253516
Nazar Motor : 021-96790080 / 0812-12894321
GPS Tracker : www.rajatracker.com
BRT Smart Key : 021-8765447 / 0852-13262211



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa