Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karet Pelampung Bensin Yamaha Byson Bocor, Ganti Cuma Rp 35 Ribu

Dimas Pradopo - Jumat, 22 Agustus 2014 | 14:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Thomas bingung ketika mendapati aroma bensin yang menusuk hidungnya. Setelah ditelusuri, ternyata berasal dari Yamaha Byson miliknya, yang terparkir di garasi rumah.

“Lihat karburator enggak ada bensin netes, keran bensin juga enggak ada rembesan, ternyata dari pelampung bensin,” papar pemuda berkacamata tersebut. “Memang sih kemarin habis kuras tangki, tapi enggak tahu kalo akhirnya bensin rembes dari sini,” akunya.

Kemungkinan karena pemasangan baut-baut pelampung kurang kuat, atau karena karet pelampung bensin yang sudah minta pensiun. “Karet pelampung sobek dan mengeras karena usia pakai terus sering terkena bensin. Bisa juga sewaktu memasang pelampung, posisi karet enggak pas,” buka Heri Prasetyawan, dari Jaw’s Speed (JS).

Solusinya cukup ganti karet pelampung saja, bisa beli di bengkel resmi. Nama part di kalatog resmi Yamaha, karet ini disebut Gasket, Sender Unit dengan harga jual Rp 3.500 saja. Karet ini juga bisa substitusi dengan milik Yamaha Jupiter MX loh. “Karena ukuran dan bentuknya sama,” kata Wawan sapaannya.

Penggantian bisa dilakukan sendiri kok di rumah, dan ini panduannya.

No caption
No credit
No caption

1. Kuras sisa bahan bakar di tangki dan lepaskan cover tangki dan tangki dari dudukannya pakai kunci T-10 dan L-4. Kemudian gunakan kunci T-8 untuk melepas pelampung di sisi kanan tangki.

No caption
No credit
No caption

2. Kelihatan kondisi karet pelampung yang sudah sobek. Ini yang bikin bensin rembes bro.

No caption
No credit
No caption

3. Selain sobek, karet juga sudah mengeras karena terpapar hawa panas mesin dan terkena bensin. Sehingga kemampuan menyekat bensin berkurang.

No caption
No credit
No caption

4. Selain pakai punya Yamaha Byson, part berkode 45P-H5701-00 ini juga bisa diganti pakai milik Yamaha Jupiter MX.


5. Jika sudah, pasang karet yang baru dan pasang lagi pelampungnya. Kencangkan baut pengikat pelampung dengan cara menyilang agar kekencangannya merata. (motor.otomotifnet.com) 

Jaw’s Speed : 0896-01742711

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa