Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambal Panel Bodi Retak, Bisa Pakai Pasir!

Dimas Pradopo - Rabu, 13 Agustus 2014 | 18:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Solo - Kejadian panel bodi dari plastik pecah pasti pernah Anda alami. Solusi cepat memang langsung nebus panel bodi baru. Namun bila kerusakannya tak begitu besar dan masih memungkinkan diperbaiki, mending panel bodi yang rusak itu diperbaiki sendiri.

Caranya mudah! “Yakni cukup ditambal dengan debu halus atau pasir halus dan ditetesi lem Alteco,” yakin Wahyu Tri Winarko, dari bengkel repair bodi mobil Lima Sekawan (bengkel 54) yang berlokasi di jalan Semeru nomor 1, Solo. Wahyu melanjutkan lagi resep perbaikan bodi begitu juga pernah dilakukan pada bemper mobil yang terbuat dari plastik maupun fiber.

Gimana caranya? Pasir ini nantinya menjadi media penyambung antara bagian panel bodi yang pecah tadi.



“Debu atau pasir halus itu bisa saja diperoleh di halaman rumah. Atau bisa pula menggunakan debu hasil membakar obat nyamuk. Intinya, butirannya debunya mesti halus dan lembut. Jadi kalau mau sempurna ya diayak dulu,” wanti ayah satu putra ini.

Bila sudah, proses penambalan bisa dilakukan dengan cara menempelkan bagian yang pecah atau retak dengan cara langsung dilapisi dengan butiran debu yang sudah disiapkan. Setelah itu langsung ditetesi dengan cairan lem alteco.

Efeknya, karena tertetes cairan alteco dan mengering, membuat lapisan debu tadi menjadi keras. Selanjutnya bila sudah benar-benar kering tinggal melapis dengan dempul serta mengecat ulang bagian yang retak tadi. Beres!

Biayanya murah, tapi ingat hanya bisa untuk kerusakan yang enggak terlalu parah bro! (motor.otomotifnet.com)

Lima Sekawan : 085867449937


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa