Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Ceper Sokbraker Depan Yamaha R25, 3cm Aman!

Dimas Pradopo - Senin, 21 Juli 2014 | 13:48 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Tampang depan Yamaha YZF-R25 dengan lampu yang dijuluki predator headlight memang keren, kesannya menatap tajam siap menerkam lawan. Tapi ada juga yang mengkritik, yaitu jarak yang tercipta dengan sepatbor terlalu jauh. Jadi terlihat ada ruang kosong besar di antaranya (gbr.1).

Biar lebih enak dilihat, celah mesti dipersempit. Memang hasilnya jadi lebih keren, karena kesannya jadi padat berisi, salah satunya terlihat dari R25 ber-livery Yamaha MotoGP yang dipajang saat bedah teknologi dengan media beberapa saat lalu.

No caption
No credit
No caption


Cara yang ditempuh ternyata mudah, cukup dengan menaikkan as sokbreker depan (gbr.2). OTOMOTIF mempraktikkannya dibantu Rohim, mekanik Ngayun Speed di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar. “Modalnya cuma kunci L-6, ring 14 dan sigmat,” ujar Rohim.

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Agar as sokbreker bisa dinaikkan, tinggal kendurkan baut pengikatnya. “Di atas ada 2 baut L, di segitiga dan setang (gbr.3), sedang bawah 1 baut 14 di segitiga bawah (gbr.4),” imbuhnya. Setelah kendur dorong pelan motor ke bawah, maka as akan nongol. Agar presisi, gunakan sigmat untuk mengukurnya.



As sokbreker bisa dinaikkan hingga 5 cm, tapi risikonya dudukan klakson bisa membentur sepatbor jika kena lubang. Risiko kedua saat distandar posisi motor terlalu tegak, rawan roboh. “Biar aman cukup 3 cm saja,” wanti Rohim. Jika sudah pas, kencangkan lagi deh bautnya.

Sekarang lihat hasilnya, lebih padat kan (gbr.5)? (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa