Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Footstep Racing di Honda CB150R, Makin Pede Bermanuver

Dimas Pradopo - Kamis, 3 Juli 2014 | 12:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Saat ini motor batangan alias sport mulai keluar produk-produk anyar. Apalagi, di ajang balap resmi atau road race sekarang ini juga ada kelas One Make Race (OMR). Salah satunya, kelas sport 150 cc.

Untuk menambah penampilan besutan kesayangan saat beraksi atau style road race bisa menggantikan pijakan kaki model racing. Jadi, pas manuver di tikungan makin pede (percaya diri). Produk yang ada di pasaran cukup beragam, salah satunya, merek OEI.

“Harga komponen berbahan duralium hanya Rp 1,7 juta. Part aftermarket ini dikhususkan buat Honda CB150R StreetFire. Saat pasang gak ada yang diubah alias PnP. Biar tuas persneling lebih aman, gunakan model satu pengungkit dan gampang buat perpindahan giginya,” saran Freddy Gautama, owner Ultra Speed Racing (USR). Mau tahu caranya?

No caption
No credit
No caption


Sebelum memasang, tentunya melepas semua peranti pendukung di pijakan kaki tersebut, dari yang kiri, lalu ke kanan. Begitu juga saat aplikasi pijakan kaki aftermarket alias model racing. Buat membuka pengikat footstep aslinya gunakan kunci L-6 dan siapkan juga kunci T-8.

”Enaknya lepas yang kiri dulu, baru yang kanan. Karena cara pasangnya gak susah alias gampang. Sebelah kanan, terbilang agak sulit dengan adanya master rem belakang dan perlu seting ketinggian tuas rem tesebut,” saran Umar, mekanik USR di Jl. Panjang, No.1, Kebon Jeruk, Jakbar!

No caption
No credit
No caption


Sebagai praktiknya, mekanik ramah ini memperagakan ke CB150R, tunggangan balap milik bengkel USR. Setelah dicopot, pasang footstep racing kiri dan dikencangkan dengan baut bawaan pabrik dan kunci L-6 (gbr.1). Dilanjutkan menggantikan tuas persneling dengan model satu pengungkit (gbr.2).

“Tujuannya, apabila terjatuh tuas gigi tersebut masih bisa dioperasikan. Tapi, jangan sampai jatuh, deh bro!” saran Umar. Pindah posisi kanan besutan. Ikatkan lebih dulu pijakan kaki, trus dibaut dan dikencangkan pake kunci yang sama, L-6.

No caption
No credit
No caption


Master rem belakang disatukan ke footstep underbone sesuai dudukannya, kencangkan dengan kunci T-8 (gbr.3). Dilanjutkan seting ketinggian tuas rem dengan stut as master tersebut. Caranya, masukkan baut 8 mm ke lubang tuas rem dan atur ketinggian stut as pake kunci pas 12. Jajal deh, bro! Jika sudah pas dan ‘PW’ alias posisi weunak tinggal kencangkan bautnya.



Sedang posisi tabung minyak rem memang agak susah. Pasalnya slang tabung minyak rem terbilang pendek. Sehingga komponen itu bisa diikatkan di besi pijakan boncenger pake cable ties (gbr.4) atau diselipkan ke dalam cover bodi samping CB150R. Selesai deh!

Gimana? (motor.otomotifnet.com)

ULTRA SPEED : 021- 53665127


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa