Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jika Ingin Memodifikasi Skutik Aliran Bobber, Ini Caranya!

Dimas Pradopo - Minggu, 15 Juni 2014 | 15:22 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Era modifikasi lowrider sudah menyusut, tapi bukan mati. Aplikasi ban plus pelek gede yang jadi ciri khas lowrider, mendapat peluang baru untuk kembali berkembang.

Tanpa memasang undur-undur yang super panjang, konsep bobber juga mengaplikasi ban dan pelek lebar. “Kalaupun pasang undur-undur, paling panjang 5 cm. Tapi pastinya memodifikasi posisi CVT, agar ban belakang yang sudah lebar bisa pas dengan bodi belakang,” kata Syah Razad dari rumah modifikasi Black Stallion di Bekasi yang kasih patokan mulai Rp 7 juta untuk modifikasi bergaya bobber.

Skutik retro seperti Yamaha Mio Fino dan Honda Scoopy, lebih dipilih untuk jadi bahan modifikasi berkonsep bobber. Tapi skutik dengan tampilan modern, enggak haram mengaplikasikan konsep modifikasi tersebut.

Okay buat yang mau modifikasi bobber, start your engine.


No caption
No credit
No caption
Pelek
“Untuk depan bisa pakai dari ukuran 3 sampai 5 inci. Sedang belakang, maksimalnya 7 inci. Tapi kalau mau nyaman, pakainya yang 5 inci saja,” kata Joddy Ario, dari rumah modifikasi JDM di Kalimalang, Jaktim. Selain itu, pelek juga bisa milih yang model jari-jari atau monoblok. Tentunya dengan harga yang berbeda.

No caption
No credit
No caption
Ban
Ukuran ban 120, jadi pilihan untuk diaplikasikan pada bagian depan. “Bisa ban yang memang untuk skutik atau bawaan mobil khususnya ban cadangan yang ukurannya 125,” tutur Om Aca, panggilan akrab Syah Razad. Produk ban berlabel Swallow, jadi pilihan modifikasi seperti bobber. Alasannya karena banyaknya pilihan ban bertapak lebar.

No caption
No credit
No caption
Setang
Selera konsumen, biasanya jadi patokan pemilihan setang yang dipasang. Ada yang cukup ekstrem, sehingga mengharuskan modifikator membuat khusus setang keinginan konsumen. Tapi itu kebanyakan bersifat sementara saja. Kalau sudah bosan, konsumen meilirik setang bawaan Honda Tiger ataupun Kawasaki Ninja RR.

No caption
No credit
No caption
Knalpot
Enggak beda jauh dengan setang, model knalpot juga menyesuaikan keinginan konsumen. Ada yang datang dengan membawa contoh gambar dari internet dan mau tidak mau, modifikator membuatkan sesuai dengan keinginan konsumen.


Krom
Aksen kempling pada beberapa bagian, memang bikin tampilan gaya bobber jadi tambah jempol. Tapi ini pastinya akan menambah waktu pengerjaan plus biaya

Black Stallion: 0821-25235629
JDM: 0878-82437850
(motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa