Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Raiser Kawasaki Versys, Setang Tinggi Makin Nyaman

Dimas Pradopo - Selasa, 10 Juni 2014 | 17:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kawasaki Versys terlahir sebagai motor penjelajah, standar saja enak banget untuk turing jarak jauh. Posisi duduk santai dengan setang tinggi, ground clearance tinggi sehingga aman di berbagai kondisi jalan, ditambah karakter mesin dengan torsi besar sejak rpm rendah. Enggak heran jadi idola di kalangan pencinta turing.

Namun yang namanya motor bawaan pabrik yang dibikin seragam, terkadang ada yang merasa kurang nyaman. Sebagai contoh bagi rider berbadan tinggi, setang jadi masih kurang tinggi. “Biar makin nyaman mesti ditinggiin sedikit,” ujar Tommy Bramudia, salah satu penunggang Versys berbadan sekitar 180 cm.

No caption
No credit
No caption

Salah satu cara mudah meninggikan setang motor 650 cc itu dengan memasang raiser. Itu tuh braket tambahan di dudukan setang, sehingga posisi setang jadi makin tinggi (gbr.1). “Lumayan naik sekitar 5 cm,” imbuh Tommy yang juga pemilik bengkel Ngayun Speed di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 88 Kebon Jeruk, Jakbar.

No caption
No credit
No caption


Salah satu pilihan raiser yang banyak dipakai motor CBU Thailand itu yang ditawarkan Ngayun Speed. “Bikinan lokal nih, bahan aluminium (gbr.2),” promo yang ketika dihubungi sedang turing ke Sumatra. Raiser tanpa merek ini dibentuk dengan dibubut rapi.

No caption
No credit
No caption


Bagaimana pemasangannya? “Gampang banget, lepas setang dari dudukannya pakai kunci L-6, lalu pasang raiser-nya dan kencangkan pakai kunci yang sama (gbr.3). Kabel-kabel hanya perlu ditarik sedikit karena setang lebih tinggi,” terang Rohim, mekanik kepercayaan Tommy.



Rohim melanjutkan, raiser yang ditawarkan dibikin untuk setang fatbar, itu tuh setang dengan dimensi gendut, sehingga kalau untuk setang standar butuh tambahan boshing (gbr.4). Kalau minat siapkan dana Rp 1,2 juta, sudah termasuk pasang.

Merek lain ada Rizoma, sayang masih jarang yang masukin ke Tanah Air. Padahal peminatnya lumayan tuh.(motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa