Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bingung Memilih Tangki Custom? Ini Caranya

Dimas Pradopo - Jumat, 23 Mei 2014 | 11:27 WIB
No caption
No credit
No caption


Yogyakarta – Demen modifikasi motor, khususnya tipe batangan, enggak jarang membutuhkan wadah bahan bakar alias tangki motor yang pastinya menunjang arahan modifikasi yang diinginkan.

Entah itu mau modifikasi bergaya japstyle, bratstyle, cafe racer, atau bahkan bergaya sport sekalipun, porsi tangki pegang peran penting. Bener enggak?

Nah asyiknya, saat ini banyak nih penyedia tangki custom yang tawarkan tangki yang sudah jadi, atau sudah tercat rapi dan siap pakai. Bahkan jualannya ada via online. Jadi tinggal beli, dan pasang. Asyik, memang. Namun sebaiknya enggak asal lihat modelnya keren bro.

“Pikirkan pula soal aplikasinya pada motor. Perhatikan terowongan tangki yang dipilih, mesti muat dimasuki rangka motor. Jadi ketika dipasang bisa pas. Biasanya untuk Scorpio, Tiger lebar rangka tengah antara mainframe dan subframe sekitar 15 cm. Sedangkan untuk lebar rangka dekat komstir itu 8cm,” urai Widada dari Dhox Garage Custom, pembuat dan penyedia tangki custom asal Krambilduwur, Wiladeg, Karangmojo, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta.

Selanjutnya tak jarang karena sudah cocok dengan style modif motor yang diinginkan serta terlabur cat apik, ternyata tangki yang ditebus  dan dipasang, eitz malah bocor halus.

“Menghindari hal begitu, paling utama sebaiknya tahu dulu posisi tangki yang belum tercat. Atau masih bahan mentah. Tujuannya kita jadi paham, bahwa plat bahan tangki yang digunakan memang tahan karat, atau galvanis. Lalu soal ketebalan tangkinya juga pas (tebal 1mm). Penting pula melihat kondisi pengelasannya. Harus rapi dan pastinya harus enggak bocor,” lanjut Pakdhe Dhodok sapaannya.

Bilapun sudah tercat rapi, monggo langsung diketuk-ketuk saja tubuh tangkinya. “Kalau dempulnya tebal, suara yang nongol bukan suara dari plat,” yakinnya sembari kasih nomor hape 081392999939. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa