Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Tangki Yamaha Byson, Kuras 6 Bulan Sekali

Dimas Pradopo - Senin, 26 Mei 2014 | 16:09 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tangki Yamaha Byson agak berbeda dengan motor lain, karena dilindungi cover plastik. Makanya banyak yang cuek dan jarang bersih-bersih tangki, karena diyakini karat ogah nempel karena dilindungi cover tadi. Padahal mah sama saja, tangki berpotensi terserang karat, karena karat terjadi akibat oksidasi logam dengan udara atau air.

“Kualitas bahan bakar juga bisa bikin karat, karena sering BBM tercampur dengan air,” kata Heri Prasetyawan, dari Jaw’s Speed. “Lalu kondisi tangki yang keseringan kosong juga jadi penyebab korosi, karena udara pengisi ruang kosong akhirnya mengembun dan menimbulkan air,” tambahnya.

Nah daripada menunggu tangki sampai penuh karat dan mengganggu kinerja mesin, lebih baik sering-sering dibersihkan dengan cara dikuras. “Paling enggak 6 bulan sekali, dan perhatikan kualitas BBM. Terus kalo motor lama enggak dipakai, mending tangki dikosongkan,” saran Heri lagi.

Sekalian deh bersihkan bagian luar tangki. Karena tertutup cover, banyak debu-debu dan kotoran yang menempel di badan tangki bahan bakar. Jadi sekali bongkar bisa dua kali perawatan tuh hehehe...

Yuk, bersih-bersih tangkinya.

No caption
No credit
No caption

1. Buka cover samping pakai dan cover tangki pakai kunci L-4, dan buang sisa bahan bakar dengan memutar keran ke posisi RES

No caption
No credit
No caption

2. Kemudian lepaskan 3 baut pegangan tangki pakai kunci 10 mm, balikkan tangki dan lepaskan pelampung bensin dan keran bensin pakai kunci 8 mm

No caption
No credit
No caption

3. Siapkan kain yang diikat ke sebuah tongkat untuk membersihkan dalam tangki, tuh lihat kotoran menempel dikain



4. Kemudian bilas dengan bahan bakar secukupnya, kocok-kocok tangki dan buang. Lakukan tiga kali, kotoran akan terbuang keluar bersama bahan bakar.

Mudah kan! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa