Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Extension Sepatbor Depan, Halang Kotoran!

billy - Jumat, 4 Oktober 2013 | 09:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta -  Punya motor tipe sport memang menyenangkan, model keren dan tenaga besar, mantap diajak riding. Tapi kalo sudah ketemu hujan, PR akan menanti bro. Area mesin bakal jadi kotor, air, pasir sampai lumpur bakal nemplok di area itu.

Gak heran karena rata-rata sepatbor depan motor sport terlalu pendek. Itu yang bikin kotoran masuk di sela mesin. Solusinya bisa pasang sambungan atau extension sepatbor depan (ESD), seperti yang dijajakan di bengkel B&S Modified, di Beji, Depok.

“Idenya memperpanjang bagian belakang sepatbor depan untuk meminimalkan kotoran ke mesin,” buka Arief, owner B&S Modified. ESD tersedia untuk moge Kawasaki ER6-n, Ninja 650, Yamaha R1 dan R6. Untuk sport 250 cc ada Kawasaki Ninja 250, Honda CBR250R, Suzuki Inazuma dan Thunder 250.

Bahan ESD ada fiber dengan warna dasar hitam doff atau warna motor, serta carbon kevlar. Harga untuk ESD moge Rp 450 ribu, kalo untuk sport 250 cc Rp 350 ribu. “Harga carbon lebih mahal Rp 100 ribu,” sambung Arief lagi.

Cara pasangnya harus ngebor bagian ujung sepatbor depan nih, dibuatkan tiga kanan-kiri dan tengah. Dan modal alatnya cuma obeng. Yuk pasang!



1. Bagian belakang sepatbor terlalu pendek, makanya kotoran gampang nyelip di sela-sela mesin. Kalo motor fairing lebih susah lagi bersihinnya tuh

2. Ini nih contoh ESD yang dijajakan B&S, panjangnya ada yang setengah jengkal dan satu jengkal. Harga ESD panjang satu jengkal dua kali lipat

3. Bor pada 3 titik, bagian tengah terlebih dulu baru kanan-kiri. Soalnya kalo kanan atau kiri duluan, ESD bakal kurang pas terpasangnya

4. Tinggal pasang ESD pakai obeng plus deh. Untuk baut dan klip sudah termasuk dalam pembelian. Bentuk ESD juga melengkung layaknya sepatbor, jadi gak terlihat aneh. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa