Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pasang Sendiri Braket Box Honda Vario Techno 125, Gampang!

billy - Rabu, 21 Agustus 2013 | 09:00 WIB
Braket boks Honda vario
Dok. Otomotifnet
Braket boks Honda vario
Biasanya bawa barang saat jalan jauh jadi extra banyak. Daripada gunakan kayu atau bambu untuk membawa barang bawaan, baiknya aplikasi box atau cukup gunakan breket box-nya saja tanpa box agar lebih simpel.

Nih, buat pembesut Honda Vario Techno 125 PGM-FI, bisa bikin sendiri. Untuk breket Vario 125, harga biasanya Rp 150 – 450 ribu. Karena masih terbilang susah untuk mencari breket khusus Vario 125, bisa manfaatkan breket box untuk Yamaha Scorpio Z (Gbr. 01).

“Bentuk alur breket untuk posisi baut hampir sama, tinggal penyesuaian pembikinan dudukan baut di breketnya saja,” bilang Wahidin, dari Anggrek Motor. Namun, karena sasis Vario untuk dudukannya menjorok ke dalam, sehingga harus dibuatkan bushing terlebih dahulu. Itu agar breket box bekas Yamaha Scorpio bisa terpasang kuat.

Dudukan belakang, dibikinkan pelat yang terbuat dari pelat besi tebal 4 mm. Besi ini dilas menggunakan las listrik agar kuat. “Agar tidak merusak bodi belakang, dibuatkan busing yang terbuat dari pipa 8 mm panjang 1,2 cm,” bilangnya.

Braket boks Honda vario
Dok. Otomotifnet
Braket boks Honda vario

Untuk bautnya, masih bisa menggunakan baut standar bawaan untuk mengikat breket. Sedangkan untuk dudukan baut depan di sebelah kiri dan kanan, dibikinkan dari pelat besi tebal 6 mm (Gbr. 02). Dibikin lebih tebal, sehingga kuat menahan.

Karena sasis menjorok ke dalam, bushing dibikin panjang 8 cm yang terbuat dari besi pipa diameter 8 mm (Gbr. 03). Bikin 2 buah, untuk kiri dan kanan. Sebagai baut pengikat, gunakan baut L 12 panjang 10,5 cm di sisi kiri-kanan (Gbr. 04). Agar lebih enak dipandang mata, gunakan finishing touch lewat painting.

Oh ya! Kalau sobat ogah pakai braket buat Scorpio Z, Wahidin kasih option tuh! Ya, bikin breket box tipe geser buat Vario 125 yang dibandrol hanya Rp 300 ribu saja. “Soal bahan pastinya kuat,” bilang bos Anggrek Motor yang stay di Jl. HOS Cokroaminoto No. 1C, Kreo, Larangan, Ciledug, Tangerang.

Dengan aplikasi breket box atau plus box-nya, tentu mudik akan lebih simple. Bukan hanya untuk pembesut Vario 125 saja yang musti ikutin, motor merek lain juga boleh. Riding aplikasi breket box, lebih aman ketimbang pakai kayu atau bambu untuk membawa barang bawaan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa