Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Bongkar-Pasang Bodi, Lakban Bikin Tenang

billy - Jumat, 17 Mei 2013 | 13:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bagi penyuka modifikasi motor, mengubah penampilan jadi suatu kewajiban. Salah satunya mengganti bodi asli dengan bodi berbahan fiberglass, yang didesain sesuai keingingan. Umumnya penambahan atau penggantian dengan bodi fiber ini dilakukan pada sepeda motor yang full fairing. Atau, penambahan aksen bodi lain.

Resikonya, otomatis dudukan bodi baru kudu dibuat ulang. Sehingga, bodi baru harus lebih hati-hati saat memasangnya. “Bodi fiber yang sudah dicat, umumnya gampang tergores kalau cara bongkar-pasangnya sembarangan,” buka Deddy Dermawan dari DJ Custom di Jl. Raya Jati Kramat, Pondok Gede, Bekasi. Goresan ini, diakibatkan dari dua pertemuan antar bodi.

Untuk mengakalinya, sebelum memasang bodi fiber barunya, Deddy menempelkan lakban kertas terlebih dahulu. Ini untuk meminimalisir efek goresan yang terjadi. Lakban kertas ini ditempelkan pada bidang antara dua pertemuan bodi. Misalnya, ditempelkan pada ujung depan dan belakang tangki. Lalu, pada pertemuan dua bodi fairing samping kanan-kiri, dan saat pasang bodi belakang.


“Saat kita memasang dan fokus pada sisi kiri, biasanya sisi sebelah kanan enggak terlihat. Nah, kalau tak terlihat dan tergores, paling hanya kena pada lakbannya saja,” tutur Deddy yang bisa dihubungi di telepon (021) 3433-9195.

Pemakaian lakban kertas ini, cukup ditempelkan mulai dari 2 lapis sampai 4 lapis. “Umumnya setiap mekanik selalu hati-hati saat memasangnya. Tapi, karena saat memasangnya tidak fokus hanya pada satu sisi, selalu saja kecolongan menimbulkan goresan,” tutup modifikator muda ini seraya memberi saran.

Hati-hati bro!. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa