Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penyebab Lampu Sein Mati

billy - Senin, 13 Mei 2013 | 06:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet.com - Biar kelihatan sepele, lampu sein mati kadang dekat dengan masalah.

Iya, main belok kanan-kiri tanpa kasih aba-aba pakai sein, bisa bikin pengendara celaka akibat gampang diseruduk pengendara lain di depan atau belakang. Padahal memperbaiki lampu sein sangat mudah.


Meski caranya gampang, setidaknya ada empat penyebab yang biasa dialami sein mati. Masalah pertama, bisa disebabkan dari flasher. Maksudnya, peranti yang punya nama lain relay winker ini matot alias mati total. Alhasil, arus listrik yang masuk ke flasher tidak diteruskan ke sein.

Eits…, flasher lemah juga bisa bikin lampu sein nggak kedip. Cara untuk mengetahui peranti yang juga berfungsi memutus tegangan itu mati, gampang banget.

 
Sediakan aja kabel, lalu colok pada kedua sisi penghantar arus itu ke kabel flasher. Kalau sein nyala meski tak berkedip, itu artinya flasher udah rusak.

Problem berikutnya bisa terjadi pada tombol sakelar itu sendiri. Biasanya ada kotoran karat atau sudah aus, jadi tak ada proses konektor. Buat mengetahuinya, buka saklar dan cek kondisinya. Jika kotor atau karat bersihkan pakai cairan khusus.

Lainnya, periksa sambungan kabel atau kondisi aki. Karena kalau tegangan arus yang masuk berkurang, sein ogah ngedip. Sein tetap menyala namun diam seribu bahasa.

 
Yang terakhir jika bohlam mati. Jika ada salah satu sein yang putus juga begitu. Namun sebelahnya tetap berkedip. 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa