Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Cat dan Chrome, Memilah Sesuai Istilah

billy - Minggu, 31 Maret 2013 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Perawatan body memang harus dilakukan, apalagi cuaca sekarang ini yang kurang mendukung, sebentar hujan sebentar panas terik. Tentu cuaca seperti itu bisa bikin kendaraan cepat kusam dan bikin tampilan cat serta permukaan plastik enggak enak dipandang mata.

Untuk perawatan cat dan komponen motor, banyak disuguhkan penyedia jasa detailing. “Seperti polish, waxing, paint proctection dan chrome polish. Ini istilah yang biasa kita suguhkan untuk perawatan motor dan mobil,” kata Sutrisno, penanggung jawab salon Joe’s Auto Detailing yang berada di Jl. Meruya Raya, No. 10, kembangan, Jakarta Barat. Bahas yuk.

1. Polish
Polish merupakan perawatan secara menyeluruh dan mendetailing, dari part terkecil hingga terbesar. Meliputi part yang terbuat dari besi, plastik dan kulit.

Proses polish ini diawali dengan mengangkat jamur menggunakan cleaning clay, menghaluskan permukaan cat (compund), menghilangkan kotoran menempel, membersihkan oksidasi atau pengaratan (rubbing compund) dan menghilangkan baret halus.

“Pokoknya untuk proses polish semua bagian diberikan perawatan tanpa terkecuali. Perlindungan ini bisa tahan hingga setahun lebih,” jelas Sutrisno yang mematok harga Rp 150 ribu untuk polish, chrome polish dan trim restorer.

No caption
No credit
No caption


2. Chrome Polish
Chrome polish adalah proses perawatan untuk part dengan pelapis permukaan chrome. Perawatan part yang sudah dikrom bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi part yang di krom biasa, tanpa hard chrome. Ketahanan dan kinclong nya bisa saja hilang bila tanpa ada perwatan di sisi ini.

Biasanya, chrome polish satu paket dengan polish yang diberikan oleh penyedia detailing dan salon bikes. Treatment ini, berfungsi untuk membuang kotoran yang membandel dipermukaan part yang sudah di chrome, juga minyak yang bisanya bikin penampilan jadi kurang clink lagi.

“Agar treatment ini bekerja secara maksimal, biasanya saat penggunaan obat harus dibiarkan selama 15 menit, tentu agar meresap ke dalam pori-pori yang akan dibikin clink, jangan lupa saat proses pembesihan lakukan dengan cara memutar menggunakan lap kering agar pelapisan permukaan chrome merata,” kata Sutrisno.


3. Waxing
Waxing merupakan bagian dari proses polish. Tapi, ini bisa dilakukan secara terpisah. Maksudnya setelah kita sudah melakukan proses polish, kita bisa tempuh waxing untuk perawatan berkala pada permukaan cat.

Namun, waxing hanya perawatan meliputi body part saja. Waxing bagus kita lakukan dalam waktu satu tahun dua sampai tiga kali. Jadi sekitar 3 bulan sekali, agar permukaan cat dan plastik bisa terjaga dengan baik.

Obat nya sudah termasuk semi paint protection, sehingga aman saat diajak riding kala hujan dan parkir di bawah terik matahari. Bikin tampilan motor jadi selalu fresh. “Untuk masa dan daya tahan dari Waxing ini bisa bertahan 3-6 bulan, sesuai kendaraan yang sering dipakai atau tidak,” kata pria yang mematok harga Rp 50 ribu.

4. Trim Restorer
Trim Restorer adalah perawatan yang meliputi bahan plastik yang memiliki kontur seperti kulit jeruk. Perawatan bahan seperti ini jangan disamakan dengan plastik berbahan halus. Harus dibedakan. Bila disamakan, pada bahan kulit jeruk akan timbul bercak putih.

Sutrisno menyarankan aplikasi perawatan ini, menggunakan obat yang memang untuk plastik berbahan kulit jeruk seperti Trim Restorer. “Banyak juga yang tidak tahu kalau part ini perlu perawatan yang bereda,” kata Sutrisno.

Ketahanan pelapisan ini bisa bertahan hingga 3-4 kali cuci biasa, sehingga bila terkena kotoran lumpur saat hujan permukaannya akan mudah dibersihkan. Jadi lakukan treatment ini setelah 3-4 kali cuci. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa