Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Sein LED di Buntut Ninja 250 Injeksi, Manfaatkan Ruang Sempit

Dimas Pradopo - Senin, 7 Januari 2013 | 14:37 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Penggemar Kawasaki Ninja 250 di Indonesia bejibun. Yang menarik, Ninja 250 versi injeksi bodinya beda. Lekukan bodi yang lebih tajam dan ini bisa dijadikan trik lain untuk modifikasi ringan.

Seperti yang dilakukan Eric Ariyanto pada Ninja 250 versi injeksi. Kalau Ninja 250 versi lama mempunyai bodi belakang yang agak kaku, lain dengan versi injeksi. Bodi belakangnya lebih modern dengan garis dan lekukan lebih tajam dan menyiku.

Seperti yang dilakukan Eric pada Ninja 250 injeksinya. Pada bagian bodi belakang dia memanfaatkannya untuk membuat dudukan lampu sein baru. Dia membuatnya sein belakang menyatu dengan bodi bagian bawah atau undertail. Uniknya lagi tak perlu banyak ubahan.

Eric memanfaatkan bagian ruang kecil tepat di bawah jok boncenger bagian kanan-kirinya. “Lampu sein dipasang diruang sempit itu. Kemudian ditutup dengan mika berbahan akrilik dengan tebal 2 mm,” jelas pria berambut panjang itu.

Trik lainnya, agar kabel lampu LED tersebut bisa masuk bodi bagian dalamnya dibor menggunakan mata bor 2 mm. “Ini bertujuan agar jalur kabel lampu sein  lebih rapi, tanpa harus terlihat kurang rapi,” kata Eric yang punya bengkel Pit Bike.


Jangan khawatir lampu sein tidak terlihat oleh pengendara di belakang. Karena dengan posisi baru lampu seinnya ini masih akan tampak jelas. Ini disebabkan bodi standar Ninja 250 yang memang sudah nungging.

Ditambah penggunaan lampu sein yang aplikasi teknologi LED. Lampu LED-nya sendiri tinggal pilih. Bisa pakai LED biasa yang dijual Rp 60/pcs dengan panjang 44 cm. Nantinya dibagi dua untuk sein kanan-kirinya masing-masing 22 cm.

Setelah pasang sein LED lalu pikirin cara pasang mika akrilik tadi. Cara pasangnya ditempel lem silikon. “Prosesnya harus pakai glue gun biar nempelnya lebih kuat. Kalau pakai lem biasa gampang lembek dan terkelupas,” bilang Eric.

Untuk lampu LED sebenarnya banyak macamnya. Bisa juga pakai LED merek 9nine. LED ini biasa dipakai untuk di kabin mobil dan kelebihannya lebih terang disbanding LED biasa.

“Untuk satu paket ongkosnya Rp 250-300 ribu. Tergantung pemilik motor mau pakai LED merek apa,” tutup Eric yang bisa dihubungi di nomor (021) 288-999-80. (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa