Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subtitusi Tutup Tangki Yamaha Scorpio Z, Bisa Comot Punya Macan

billy - Jumat, 7 Desember 2012 | 12:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Yamaha Scorpio Z memang seperti terjepit di 2 generasi, pasalnya dari generasi Scorpio hanya Scorpio Z yang menggunakan tutup tangki konvensional seperti Honda Tiger. Sedangkan Yamaha Scorpio G dan New Scorpio Z sudah menggunakan tutup tangki model Kawasaki Ninja layaknya di mobil.

Selain itu perawatan yang harus dilakukan pada tutup tangki Scorpio Z memang harus lebih. Soalnya bila enggak diperhatiakan, bagian dalam tutup tangki akan mengalami karat dan kunci akan susah dibuka. Hal ini memang banyak dialami pengguna Scorpio Z.

Dengan begitu tutup tangki harus dilakukan perawatan. Caranya mudah, cukup memberikan penetran atau oli untuk pelumasan agar enggak terjadi pengaratan dan macet.

Namun bila sudah terjadi macet dan pengaratan, apa boleh buat. “Tapi, memang harga tutup tangki yang terpisah dengan tangki Yamaha Scorpio Z, bisa dibilang selangit, harganya bisa mencapai Rp 300 ribuan,” kata Hendara N. Pratama, dari Bandung Solidarity of Scorpio (Banditos). Wow lumayan mahal ya.

“Pakai tutup tangki Scorpio lokal memang ada dengan harga Rp 75 ribu, tapi susah nyarinya,” tambah pria yang doyan jeprat-jepret alias fotograper itu. Dengan begitu banyak pengguna kalajengking alias Yamaha Scorpio Z memutar otak untuk akali masalah tutup tangki.


Dengan persamaan bentuk tutup tangki Honda Tiger, banyak yang mencoba mencocokan part ini. Ternyata, saat dipasangkan, kalau bahasa Belanda-nya ‘ngeplak’ alias tinggal pasang. Karena sistemnya hampir mirip, serta lubang diameter tutup tangki sama. Jadi, cara pasangnya enggak ada ubahan di tangki serta tutup tangki. Juga enggak repot dan tak membutuhkan biaya tambahan lainnya untuk ubahan.

Selain itu, part macan atau Honda Tiger banyak dijual. Ada yang original dan lokal. “Harga tutup tangki Honda Tiger enggak jauh dengan ori Scorpio. Jadi, mending aplikasi yang KW, selain harganya murah sekitar Rp 75 ribuan,  juga mudah didapat di toko variasi karena Honda Tiger dari dulu tutup tangkinya masih model yang sama,” kata pria berkacamata yang juga pembesut Yamaha Scorpio.

Penggunaan tutup tangki Honda Tiger di Scorpio ini juga punya kelebihan. Pasalnya di tutup tangki Scorpio Z standar enggak terdapat pelindung rumah kunci, sedangkan di Tiger ada daun telinga untuk pelindung lubang kunci. Walau begitu perawatan harus dilakukan.

"Tapi, ya namanya juga pakai yang kualitas lokal, pasti massa pakainya enggak mungkin bisa setara dengan bawaan pabrik. Setidaknya bisa membantu disaat saku tipis dan masih ada waktu buat nabung beli tutup tangki yang orisinal," wantinya.

Jumlah kunci yang digunakan jadi semakin banyak deh. Karena kunci utama dan kunci tutup tangki berbeda he.. he...Monggo dicoba. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa