Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paking Custom Honda Tiger, Buat Pasang Blok Satria

Dimas Pradopo - Jumat, 17 April 2015 | 12:23 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Komunitas pengguna CB sampai Tiger bisa dibilang sangat kreatif, banyak terobosan dilakukan salah satunya demi meningkatkan performa mesin. Jamak ditemukan menggunakan blok dan kepala silinder motor lain, demi piston besar atau teknologi lebih modern. Misal aplikasi cylinder dan head Suzuki Satria F150. Wah tentu butuh ubahan banyak dong ya?

Eits itu dulu, yang mesti las babet crank case dan bubut ulang untuk menyesuaikan dudukan baut silinder. Nah sekarang ada cara lebih mudah dan cepat, caranya aplikasi saja paking custom atau yang biasa disebut plendes, yang berfungsi sekaligus jadi adaptor pemasangan blok Satria ke crank case Tiger atau GL.

No caption
No credit
No caption


Plendes ini rancangan Muhammad Imron, dari bengkel Putri Motor yang beralamat di Desa Debong Kidul, Duku Turi, Tegal. Bentuknya dirancang menyesuaikan lubang crank case Tiger dan blok Satria. Lubang baut sisi dalam untuk mengunci ke crank case, sementara yang luar untuk membaut blok Satria.

“Jadi enggak perlu ubahan, plug and play deh. Jalur oli pun sudah dibuatkan, tinggal pasang baut ke pipa oli bawaan Satria,” ujar Imron yang biasa disapa Iponk ini. “Yang perlu disesuaikan hanya boring Satria, dibubut jadi 69 mm biar masuk ke crank case,” lanjutnya.



Ketebalan plendes ini bisa disesuaikan dengan permintaan, “Kalau stroke standar dan aplikasi piston Tiger pakai yang 14 atau 15 mm, tapi kalau stroke up bisa sampai 20 mm,” terang mekanik yang bisa menangani penggantian blok dan head ini.

Bagaimana dengan keteng? “Bisa pakai keteng Satria dengan ditambah 1 mata,” imbuh Iponk. Mau? Siapkan deh dana Rp 230 ribu untuk menebusnya. Kalau mau tanya-tanya dulu bisa kontak 0856-40494798. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa