Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Throttle Body Custom Buatan Oei Racing, Diameter Bisa Berapa Aja!

Dimas Pradopo - Jumat, 10 April 2015 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tangerang - Oprek mesin injeksi akhir-akhir ini makin familier di tangan mekanik, karena komponen pendukung juga mulai banyak, misal injektor, piggyback dan ECU standalone. Hanya saja untuk throttle body masih jarang, selama ini kalau mau memperbesar diameter mesti mencomot throttle body motor lain.

Eits tapi sekarang enggak perlu khawatir, kalau butuh throttle body dengan diameter besar, tinggal order saja ke Erwin Oei, mekanik Oei Racing di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.

“Saya terima bikin throttle body, diameternya terserah mau minta berapa,” tuturnya.

Artinya mau bikin throttle body 24 mm, 28 mm, 30 mm bahkan 46 mm disanggupi oleh pria yang akrab disapa Akiang ini. Throttle body bikinan Akiang pakai tipe barrel, yang punya kelebihan saat terbuka tak menyisakan halangan sedikit pun, beda dengan throttle body motor standar yang ada katup kupu-kupunya.


Tipe barrel, saat terbuka tak ada halangan sama sekali

Sebagai pendukung, throttle body sudah dilengkapi Throttle Position Sensor (TPS) berkaki 3 yang dicopot dari throttle body motor Honda. Dan kalau butuh versi pakai sensor Manifold Absolute Preassure (MAP), maka Akiang akan membuatkan dudukannya. Untuk membuatnya, butuh waktu sekitar 3-4 hari.

Berminat? Siapkan deh dana Rp 5 juta. Dengan dana segitu sudah dapat throttle body lengkap dengan sensor TPS dan velocity stack yang bisa dilepas dan diganti ukurannya sesuai kebutuhan.

Oh iya, Akiang mengawali riset throttle body dari motor balapnya, Honda Blade yang diturunkan di OMR Honda dan Motoprix. Yang dikawinkan dengan ECU standalone API Tech.

Erwin Oei: 0816-1913858

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa