Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Swing Arm Aftermarket Motor Sport, Formula Buat Tampil Kekar!

Dimas Pradopo - Selasa, 12 Agustus 2014 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

"Pemasangan cepat, bentuknya lebih gambot dan desainya menarik"

Jakarta - Bagi pembesut motor sport pencinta modifikasi, rasanya kurang afdol bila belum ganti swing arm (SA) tunggangannya makin gambot dan berotot. Baik dengan mengandalkan SA orisinalnya yang di-custom, pakai copotan limbah moge maupun aplikasi SA aftermarket yang pemasangannya tinggal plek (PnP).

Namun beberapa tahun terakhir, banyak pencinta modifikasi yang mengandalkan alternatif ketiga, yakni aplikasi SA aftermarket. Karena salain pemasangannya cepat dan bentuknya lebih gambot, desainya juga menarik. Sehingga bisa bikin tampilan besutan tambah kekar. Nah, khusus Anda pembesut sport yang berencana aplikasi peranti ini, sebaiknya simak dulu ulasan beberapa SA aftermarket yang ada di pasaran. Siapa tahu ada yang cucok. Monggo!

No caption
No credit
No caption

RD Racing
Peranti asal Thailand ini tersedia untuk berbagai tunggangan sport di bawah 250 cc. Di antaranya; Suzuki Thunder 125, Yamaha Scorpio dan V-Ixion, Honda Tiger dan Mega Pro. “Harganya mulai dari Rp 750 ribu – Rp 900 ribu. Dilengkapi karet rantai dan bushing as swing arm,” tukas Edo Lion, Edo Lion, manager toko Expo Motor di daerah Ciledug, Tangerang.

No caption
No credit
No caption

Super Track
Meski merupakan produk dalam negeri alias lokal, peranti ini cukup banyak peminatnya. Selain harganya murah, bobotnya enggak terlalu berat karena berbahan aluminium. “Tersedia untuk motor; Yamaha RX-King, Scorpio, V-Ixion, Thunder 125, Tiger, Mega Pro dan Kawasaki Ninja 150 RR. Harganya antara Rp 350 ribu – Rp 550 ribu,” imbuh Edo.

No caption
No credit
No caption

Kumis
Motormania mungkin tidak asing lagi dengan produk lokal satu ini. Pasalnya sudah lama eksis di pasar otomotif Tanah Air. Harganya kisaran Rp 750 ribuan dan tersedia untuk beberapa motor di bawah 250 cc, antara lain; Scorpio, V-Ixion, Tiger, Mega Pro dan Thunder 125.

No caption
No credit
No caption

Sphinx
Peranti asal Thailand ini hanya didesain khusus Honda CBR250. Berbahan aluminium dan lebih ringan sekitar 3 kg dari standarnya. “Kita banderol Rp 4,8 juta. Sudah dilengkapi karet rantai dan dudukan jalu paddock. Didesain untuk keperluan harian maupun balap,” tawar Steven Layz, empunya Layz Motor di di Jl. Arteri Kelapa Dua No.90 E, Kebon Jeruk, Jakbar.  

No caption
No credit
No caption

Over Racing
SA racikan Jepang ini khusus untuk Kawasaki Ninja 250R mapun Z250. Berbahan aluminium CNC yang didesain untuk keperluan balap, tapi bisa juga untuk harian dengan harga Rp 10,2 juta. “Lebih ringan sekitar 3 kg dari standarnya. Menariknya, setelan rantai tak hanya untuk menyetel kekencangan rantai, tapi juga bisa untuk ubah posisi as roda belakang. Dibikin naik atau turun, tergantung selera empunya motor,” tukas Steven Layz.

No caption
No credit
No caption

Delkevic
Lengan ayun asal Thailand yang meniru model Hayabusa ini khusus Ninja 250 maupun Z250 dengan banderol harga kisaran Rp 4 jutaan. “Berbahan aluminium dengan berbagai warna pilihan, yakni; merah, silver, emas dan hitam. Yang pasti bisa muat ban lebar hingga ukuran 160,” promo Tukijan, penggawang ARM Motor di Jl. Rajiman Pengarengan, Pulo Jahe, Cakung, Jaktim. 

No caption
No credit
No caption

Black Diamond
Urusan bentuk, SA asal Thailand ini futuristik dan menarik yang didesain khusus untuk Kawasaki ER6n. “Berbahan aluminium CNC (cor). Dilengkapi tutup rantai, sepatbor kolong kecil dan jalu paddock. Banderol harganya Rp 12,5 juta,” ujar Ajao, karyawan Hollywood Motor Sport Jl. Otista Raya No.12 B, Jaktim.


Marchesini
Motormania mungkin sedikit asing dengan merek satu ini, karena memang belum lama beredar di pasar Tanah Air. Berbahan aluminium, sistem las argon dan CNC. “Harganya Rp 3,8 juta. Pilihan warnya; putih, silver, hitam, merah dan kuning. Khusus untuk Ninja 250 maupun Z250,” ucap Vendi, empunya Race Motor Jl. Kebon Jeruk III No.35A, Jakbar. (motor.otomotifnet.com) 

Expo Motor : 021-7317990
Layz Motor : 021-53663025 / 0817-4838353
ARM MOTOR : 021-91214561 / 0815-8732371)
Hollywod Motor Sport : 021-8507594
Race Motor : 021-6011951 & 0813-11051517


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa