Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Sentra Sparepart Honda CB di Solo

Dimas Pradopo - Senin, 14 Juli 2014 | 13:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Solo - Mungkin Anda yang berencana mudik ke sekitaran Solo, Jawa Tengah dan berencana mencari sparepart dan aksesoris Honda CB klasik, wajib baca artikel ini. Kali ini diulas beberapa tempat rujukan berburu komponen Honda CB di Solo.

Pasar Klitikan Semanggi
Di pasar ini, salah satu yang kondang adalah kios B 1, 4, 6 milik Tarto. Jualannya komponen aksesoris atau variasi khusus Honda CB. Di situ ada beragam model lampu sein, stoplamp, headlamp. Ragam emblem, tangki, striping tangki dan sebagainya.

Kalau komponen mesin copotan khusus Honda CB, dekat kiosnya juga ada tuh. Namanya kios Mak’e. Kiosnya bernomor 75-76. Kios tersebut dikelola oleh Bu Karno, yang biasa disebut Mak’e berikut suaminya Yanuar. Kios ini biasa menjadi rujukan pengguna CB yang ingin modifikasi mesinnya.

Diantaranya, komponen mesin copotan Tiger Revo. Seperti kruk as, komponen pengapian komplit termasuk komponens spul, magnet, sampai dinamo starter. Ada pula karburtator asli copotan Tiger Revo juga Megapro. Pun rasio final gir komplit milik Honda Tiger yang siap diaplikasi pada Honda CB tersedia di sini.   

“Biasanya pengguna Honda CB mencari kruk as Tiger, karena strokenya lebih panjang. Harganya, tahun 2007 ke bawah berkisar Rp 1 jutaan. Kalau yang muda di atas segitu. Selain itu punya Megapro juga laris. Ada juga boring komplit, pengapian yang biasanya laris,” ungkap Yanuar

No caption
No credit
No caption

Gondrong Motor
Gondrong Motor (GM) yang berlokasi di Jalan Untung Suropati 128 Pasar Kliwon, Solo adalah pengrajin tangki dengan proses handmade. Bila mampir, terlihat bahwa di sana ada proses pembuatan tangki secara masal.

Nah masih ngetren sampai saat ini, adalah replika tangki Honda CB. Makanya tangki Honda CB buatannya tampak siap dikirim ke sejumlah toko aksessoris yang tersebar ke beberapa kota.

Berapa sih harga tangki Honda CB buatannya?. Berkisar Rp 225 ribu sudah termasuk tutup tangki dan kran. Pastinya harga tersebut bisa jadi akan melambung bisa sampai ke penjual aksesoris. Monggo deh kalau minat.

 
Aji Motor
Berlokasi di Jalan IR. Sutami 26, Solo. Sejatinya adalah gerai motor Jepang jadul bermesin kecil. Namun Suparji, ownernya juga sediakan sparepart serta aksesoris Honda CB. Apalagi belum lama ini dia memborong sparepart sebuah bengkel lama di Solo yang berhenti beroperasi. Usah heran bila sparepart dan aksesoris Honda CB ada di gerainya.

“Awalnya sparepart dan aksesoris saya kumpulkan untuk membangun motor jadul yang mau saya jual. Namun silahkan kalau minat,” promonya.

Diantaranya tangki motor orisinal Honda CB 1970 yang sudah direpaint dijual Rp 1,2 juta. Lampu sein bulat bawaan Honda CB 1973 tapi non orsianl dijual Rp 20 ribu per biji. Tutup rantai berkelir hitam orisinal Rp 250 ribu. Ada lagi kaca spion bulat orisinal (logo HM) Rp 50 ribu, headlamp dan lainnya. (motor.otomotifnet.com)

Kios Tarto 085293182671
Kios Mak’e, 085325658967, 087836545043.
Gondrong Motor 0271638233
Aji Motor 081329507676


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa