Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Hasil Tes Federal SuperRacing, Diklaim Lebih Dingin Dari Kompetitor!

billy - Senin, 9 Juni 2014 | 17:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Meluncurkan oli khusus balap, PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil telah menyiapkan formulasi khusus untuk Federal SuperRacing. Menggunakan bahan dasar 100 persen Synthentic Base Oil, spek-nya SAE 5W-30 dilengkapi standar API SM dan JASO MA.

Oli ini dibuat berdasarkan hasil riset selama dua tahun di Amerika Serikat. "Kami bekerja sama dengan perusahaan aditif asal Amerika Serikat dan melakukan riset bersama," buka Rudy Hartono Husada selaku Executive Vice President, PT Federal Karyatama.

Di sana, formulasi aditif yang cocok sengaja dibuat untuk mendapatkan hasil yang baik. "Oli racing itu salah satu syaratnya adalah tidak mudah berubah meski dipakai dalam kondisi ekstreem selama balap berlangsung," beber Mardiani Indriastuti, Product Manager PT Federal Karyatama.

Formula yang diracik ini kemudian dites dalam berbagai kondisi. Tak hanya dilakukan di Amerika, tapi uji coba juga dilakukan di Indonesia bersama tim balap yang didukung Federal Oil.

Di Tanah Air, pengetesan dibagi dalam beberapa tahap. Pertama di sirkuit Sentul dengan Honda CBR 250R standar. Kemudian dilakukan tahap kedua dengan CBR 250R dan CBR 600R racing dan tahap ketiga adalah pengetesan dalam simulasi harian dengan CBR 250R dan CBR 150R.

Hasilnya, suhu oli, mesin dan busi lebih dingin dari oli racing kompetitor. Bedanya antara 2 sampai 30 derajat celcius. Average torque-nya juga lebih besar karena perindahan gigi lebih halus dan presisi. Hal ini juga menyebabkan akselerasi yang lebih cepat dan halus.


Salah satu tester-nya adalah M Dwi Satria, pembalap Wahana Dunia Motor Federal Oil Racing Team. Hebatnya dalam sesi pengetesan, pembalap muda yang akrab disapa Satria ini bisa jadi juara dengan oli Federal SuperRacing

Satria sukses memenangkan Kejuaraan Nasional Sport 250cc IRS 2014 seri-1. Satria yang turun dengan Honda CBR 250R mampu menjadi juara setelah motornya tampil kompetitif. "Dengan oli ini suhu mesin lebih rendah, kelihatan dari indikator suhu mesinnya. Performanya juga stabil sampai akhir balap," yakin Satria yang juga turun di kelas Supersport 600 cc ini.

Kami harap Federal SuperRacing bisa memenuhi kebutuhan aktivitas balap dan juga memenuhi harapan para pecinta motor sport di Indonesia. Hasil uji di sirkuit telah membuktikan keunggulan Federal SuperRacing dibandingkan produk pelumas racing lainnya yang selama ini menjadi acuan tim balap di Indonesia," harap Rudy Hartono sambil membisikan harga jual oli racingnya ini.

"HET-nya Rp 250 ribu untuk kemasan 1 liter," tutupnya. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa