Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Kampas Kopling Kevlar, Dari Balap Buat Harian

billy - Kamis, 23 Januari 2014 | 12:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Doyan upgrade performa untuk harian motor bertransmisi manual, tapi jangan lupa soal durabilitas. Jangan sampai, performa sudah pol tapi tiba-tiba ngadat, gara-gara salah satu part standar motor yang dipakai kalah durabilitas.

Salah satu part tersebut adalah kampas kopling. Dalam pemakain yang cukup ektrem seperti di balapan, oleh mekanik part tersebut diganti dengan bahan seperti Kevlar.

“Kalau pakai kampas kopling Kevlar, bisa sampai 2 event balap. Maksudnya event pertama ganti kampas kopling Kevlar dipakai latihan main 2 race dan sampai latihan event berikutnya,” jelas Mariasan Kocex, makanik tim Kawahara.

Dengan kondisi seperti yang dijelaskan Kocex, tentunya bisa lebih awet untuk pemakaian harian. Makanya lalu, beberapa produsen part racing mengeluarkan kampas kopling bahan Kevlar.

No caption
No credit
No caption

1. KAWAHARA
Pengguna Yamaha Jupiter MX dan Jupiter model lawas, bisa pilih produk yang satu ini. Soal harga, tinggal rogoh Rp 165 ribu untuk MX dan 200 buat Jupiter lawas.

Motor lainnya yang kampas koplingnya disediakan oleh Kawahara adalah untuk Honda Supra yang banderolnya Rp 165 ribu dan Suzuki Satria FU150 dengan harga Rp 200 ribu.

2. WRX
Penyuka tunggangan jenis sport, enggak perlu bingung kalau mau cari kampas kopling bahan Kevlar. Produk motor pabrikan Yamaha tersedia untuk Yamaha New V-Ixion Lightning (Rp 200 ribu), Byson dan Scorpio yang harganya Rp 200 ribu.


3. Daytona
Ada banyak pilihan produk kampas kopling Kevlar merek yang satu ini. Pasalnya produk racing ini, sudah lebih dahulu masuk ke wilayah balap motor di Tanah Air. Soal harga, ambil contoh untuk Suzuki Shogun 125 harganya Rp 400 ribu

Untuk sport Honda adanya dari tipe Tiger, CB150, CBR150 dan CBR250, dengan kisaran harga ada di Rp 200-250 ribu. Kawasaki juga ada, Rp 260 untuk KLX150 dan Rp 500 ribu buat Ninja 250.

4. CLD
Kampas kopling Kevlar merek yang satu ini, tersedia untuk hampir semua tipe motor. Dengan harga yang tentunya berbeda-beda. Misalnya untuk Kawasaki ZX250 dihargai Rp 500 ribu atau Honda CBR250 yang banderolnya Rp 350 ribu. Sementara yang lainnya baik tipe bebek maupun sport, kisaran harganya Rp 200-250 ribu. (motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa