Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Seken Murah dan Bandel, Ada Di Setiap Merek

billy - Jumat, 16 September 2011 | 06:19 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Di pasaran motkas atau motor bekas ada beberapa tipe yang tetap jadi idaman konsumen. Sebab, selain harganya yang cukup terjangkau, performa dan kebandelannya bisa diandalkan. Bebek idaman tetap menjadi pilihan pas buat kelas menengah bawah yang tetap mengandalkan motor sebagai alat transportasi.

“Motor yang favorit di kelas bebek ada pada semua tipe dan merek motor,” kata Zaenudin, pedagang motkas dari Bintang Motor di Jl. Kampung Baru, Jakarta Barat.

Hal ini terlihat dari masih banyaknya konsumen yang mencarinya. Walau diketahui usia pemakaian tidak lagi muda. rata-rata sudah di atas 5 tahun. “Pada Suzuki ada Shogun lawas, sedangkan di Kawasaski ada Kaze, Honda ada Supra dan Yamaha punya Vega yang juga terkenal bandel,” tambahnya.

“Pilihan motor bebek kelas murah seperti Vega dan Revo tetap menjadi primadona di kelasnya," tambah Jamuir dari Berkah Motor 3 di Jl. Raya Ratna No. 17, Jatibening, Bekasi.

Kedua tipe ini harga pasarannya masih lumayan tinggi dibanding merek lain, seperti Suzuki Smash dan Kawasaki ZX. 

Diakui juga oleh Damian dari Bengkel  Motomart di Galaxi Raya, Bekasi, soal keunggulan dua merek, Honda dan Yamaha itu karena kekuatan mesin. "Mesin Honda masih kuat dipakai 5 tahunan. Performa selama 5 tahun pakai, gak gampang turun. Dibanding merek lain seperti Yamaha, mudah turun 2-3 tahun," tambah Damian.

Ruslan, mekanik dari Andalas Motor di kawasan Jati Baru, Jakarta Pusat mengatakan, motor seperti Suzuki Shogun 110, Kawasaki Kaze, Supra sudah dikenal dengan kebandelannya. “Sampai sekarang masih banyak yang pakai motor itu dan kondisinya cukup bagus,” katanya.

Menurutnya, patokan mesin motor, performanya baru turun sekitar 4 tahunan, itu artinya mesin bagus.
Untuk harganya, Honda Supra  lebih stabil walaupun motor baru makin banyak dikeluarkan.
"Honda harga sekennya lebih stabil. Mungkin disebabkan barangnya banyak di pasaran, dan yang cari juga banyak," lanjut Jamuir yang mengandalkan dagang motor dari lelang tarikan leasing.

Sedangkan untuk merek Kawasaki, diakui Ipah dari Berkah Motor dari Jl. Jatimakmur No. 19, konsumennya berminat karena fanatisme akan merek tersebut. "Paling yang cari konsumen yang memang fanatik dengan brand Kawasaki," jelas Ipah.

Sedangkan menurut Damian, model Kawasaki Kaze juga punya mesin bandel. Cuma tarikannya akan berkurang di pemakaian motor pada tahun ketiga.

Harga seken untuk tahun yang sama, Supra 2001 dan Vega 2001, nggak terpaut jauh. "Paling tinggi terpaut Rp 1 juta. Harga Supra lebih mahal. Maklum merek Honda tetap jadi idola," ujar Jamuir.

Sedangkan Kawasaki setara dengan harga Suzuki. Seperti Kawasaki Kaze dan Suzuki Shogun 110 cc sekitar Rp 2-4  jutaan.  (motorplus-online.com)

Daftar Harga

Honda Supra

2001 Rp 3-3,25 juta
2002 Rp 3,5-3,8 juta
2003 Rp 4 juta
2004 Rp 4,5-5juta
2005 Rp 5-5,7 juta

Kawasaki Kaze
1997 Rp 2,1 juta
1998 Rp 2,4 juta
1999 Rp 3 juta
2000 Rp 3,5 juta

Suzuki Shogun 110
1996 Rp 2,4 juta
1997 Rp 2,6 juta
1998 Rp 2,9-3 juta
1999 Rp 3,2 juta
2000 Rp 3,4 juta

Yamaha Vega
2001 Rp 3,1 juta
2002 Rp 3,4 juta
2003 Rp 4 juta
2004 Rp 4,2 juta
2005 Rp 4,4 juta

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa