Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bonceng Anak dari Perspektif Safety Riding, Motor Hanya Untuk Dua Orang!

Otomotifnet - Sabtu, 8 Agustus 2015 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Dari galeri foto di atas, besar harapan agar Anda berpikir dua kali sebelum membawa anak-anak dengan posisi seperti itu ketika mengendarai motor. Seperti yang dijelaskan oleh Emerson Tantono, Chief Safety Riding PT Astra Honda Motor.

“Risiko pertama yang dihadapi rider ketika membawa anak kecil di depan mereka adalah, hilangnya konsentrasi yang diakibatkan gangguan dari anak mereka yang terkadang bergerak tiba-tiba tanpa disadari oleh rider,” ujarnya.

No caption
No credit
No caption

Poster edukasi dari AHM ini mengajarkan tentang pentingnya keselamatan ketika membonceng motor dengan anak-anak


Jika dihadapkan dengan kondisi tersebut dikhawatirkan rider kaget dan kehilangan kontrol dari motor. Selain itu, risiko yang ditanggung anak-anak yang duduk atau berdiri di depan motor menjadi lebih tinggi. Kemungkinan terburuknya, jika terjadi kecelakaan di perjalanan, kepala anak dapat membentur setang, atau bahkan terlempar dari motor.

Walaupun tidak terjadi pada kecepatan yang tinggi, kedua hal tersebut dipastikan akan mengakibatkan cedera kepada anak,” tambahnya. Diingatkan lagi oleh Emerson bahwa motor adalah kendaraan yang dirancang hanya untuk mengangkut maksimal dua orang.


Bawa anak di depan dapat mengganggu konsentrasi pengendara

Oleh karena itu, jika harus membonceng anak-anak, disarankan agar membonceng anak-anak yang sudah berumur 12 tahun ke atas. Itu bertujuan agar anak tersebut dapat menginjak footstep belakang, supaya anak mendapatkan keseimbangan yang mantap ketika berada di atas motor.

Selain itu, anak harus memeluk pengemudi motor secara erat ketika motor berjalan, sebaiknya gunakan sabuk bonceng untuk menjaga posisi duduk anak menjadi lebih aman. Terakhir, adalah kewajiban yang harus selalu dilakukan ketika mengendarai motor, yaitu riding gear yang lengkap, mulai dari jaket lengan panjang, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa