Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Komponen Balap Di Skutik Harian, Beresiko Bro!

Otomotifnet - Rabu, 17 Juni 2015 | 08:13 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta
- Banyaknya kegiatan balap motor di Tanah Air mau tak mau membuat banyak orang berniat meniru pernik yang terpasang di tunggangan para pembalap. Termasuk di skutik. Tetapi, ingat, ada beberapa komponen yang justru bisa membahayakan bagi kita maupun orang lain. Selain ityu ada yang malah butuh perawatan ekstra. Berikut contohnya. Stephan

Pemakaian ban drag bike
Ban ini biasanya di pakai pada balap motor lurus atau drag bike. Pemakaian ban ini akan membuat setang atau kemudi kita menjadi ringan karena bidang karet yang menyentuh aspal sedkit. Tapi kalau dipakai di jalan raya untuk kebutuhan harian justru diharamkan. Tapak ban yang minim membuat kondisi menikung jadi minim grip.

Karburator open filter
"Karburator ini membuat skutik kita menjadi lebih kencang atau responsif. Bisa digunakan pada skutik harian tetapi harus sering-sering diadakan pengecekan atau membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian depan karburator. Karena menganut sistem open filter, sehingga bisa berisiko masuknya kotoran-kotoran ke dalam mesin," papar Didit Adi Perdana dari GTspeed Matic Specialist

Disc brake ukur besar

Keberadaannya memang bikin tampang skutik jadi lebih gagah. Apalagi kalau mesin juga sudah dapat sentuhan bore up. "Saya sering melihat balap motor dan mereka selalu mengerem sedekat mungkin dengan tikungan. Makanya, sektor pengereman saya upgrade dengan (ukuran) yang lebih besar,"  ujar Christanto Aribowo, pemakai Yamaha Nouvo yang juga anggota Nouvo Owners Society.

Namun tampilan gagah tadi berpotensi celaka juga. "Apabila sewaktu-waktu depan kita berhenti mendadak dan kita menekan rem terlalu dalam, bisa terpeleset karena rem depan yang terlalu pakem," sadar Christanto.• (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa