Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Naik Motor Saat Hujan Jangan Pakai Sendal!

Dimas Pradopo - Senin, 8 Desember 2014 | 14:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Perlindungan yang menutupi anggota tubuh harus terus disadari kegunaannya. Ini hal yang tidak bisa ditawar


Jakarta - Masuk bulan yang ada kata “ber” pastinya juga berarti makin intensif turunnya hujan. Biar begitu enggak ada alasan buat para pengendara motor untuk tidak tetap waspada. Bukan sekadar menyiapkan jas hujan, tetapi juga wajib konsisten untuk tetap berperilaku safety selama berkendara.

Sebab soal mengamankan diri sendiri selama berkendara, apalagi di saat jalanan basah usai diguyur air hujan nyata semakin banyak diabaikan.Selain masih banyak yang pakai jas hujan model ponco, membiarkan telapak kaki hanya beralaskan sandal juga terlalu sering terlihat.

No caption
No credit
No caption

Keberadaan hak sepatu menjadi vital agar posisi pijakan kaki tidak mudah bergeser saat kondisi basah

 Kesan praktis acap kali muncul dari pengendara motor yang memakai sandal. Ada juga yang berkilah takut sepatunya rusak atau kotor karena cipratan maupun rendaman air. Johanes Lucky Margo Utomo dari PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan bahwa paling tidak ada dua hal yang senantiasa harus diingat saat berkendara di jalur basah.

Pertama, sadari kalau dalam cuaca hujan kecepatan berkendara harus lebih pelan dibandingkan saat aspal kering agar saat terjadi pengereman ada jarak yang cukup sebelum benar-benar berhenti.

“Jarak antar sesama pengendara juga akhirnya jadi lebih jauh,” wanti Senior Training Development Analyst ini. Tak lupa pilih jas hujan yang berwarna terang, dan jangan pakai jas hujan model ponco.

No caption
No credit
No caption

Nah, soal alas kaki yang tak terlindungi secara maksimal menurutnya lagi sejatinya harus tetap dipahami meski berkendara saat hari cerah sekalipun. “Standar (perlindungan tubuh) saat berkendara harus tetap sama,” tegasnya lagi. Alas kaki yang speknya cocok untuk musim hujan menurutnya harus dipunya oleh seorang berkendara.

“Tapi jangan salah pilih, model alasnya harus ada hak jangan yang rata supaya potensi terpeleset semakin kecil.” Ingat harus ada hak, inilah yang akan menahan posisi kaki untuk tetap berada di footstep yang juga kondisi permukaannya juga basah.

No caption
No credit
No caption

Sepatu tanpa hak rentan terpeleset

Bicara soal menahan tadi tidak lain mengacu pada prinsip dasar berkendara dimana anggota tubuh mulai pinggang ke bawah memang harus steady. Berbeda dengan anggota tubuh pinggang ke atas yang justru harus leluasa bergerak agar bisa jadi faktor penyeimbang saat melaju dengan motor.

Untuk soal bahan, jika Anda memang mau sepatu khusus, Johanes dan juga Emerson Tantono sebagai Chief Safety Riding PT AHM kembali menyebutkan keberadaan soal hak sepatu tadi. “Kalau mau yang ideal yang sepatu but khusus yang bisa sampai menutupi tulang kering,” kata Emerson.

No caption
No credit
No caption

Sandal tidak menutup permukaan kaki, licin saat basah

Ditegaskannya lagi, “Saat berkendara, semua anggota tubuh harus terlindungi semua dan tertutup.” Hal ini dikarenakan perlindungan preventif bagi anggota tubuh tidak lain adalah perlengkapan berkendara itu sendiri.• (otomotifnet.com)
 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa