Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hadapi Jalanan Berlubang, Perhatikan Teknik Pengereman!

Dimas Pradopo - Senin, 27 Januari 2014 | 18:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Selain membawa kotoran pada kawasan pemukiman, dampak pasca banjir yang terjadi di Jabodetabek belakangan ini juga terlihat pada jalanan yang berlubang. Hal ini tentu berbahaya pada pengendara motor yang melintasinya. Lalu bagaimana tips dan trik saat menghadapi jalan berlubang? Ayo kita bahas.

“Kunci dari berkendara untuk menghindari lubang di jalan adalah sikap antisipatif. Sehingga ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu kecepatan serta meningkatkan kewaspadaan. Sebagai contoh untuk menghindari perlambatan secara ekstrim (rem mendadak),” buka Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi OTOMOTIFNET.COM pada Senin (27/1).

Menurutnya, saat melakukan perlambatan ekstrim seperti rem mendadak, karena ban akan terkunci dan terjadi slip. “Kondisi tersebut bisa menyebabkan pemotor jatuh karena hilang kendali,” paparnya.

Jusri menambahkan jika melakukan rem mendadak juga berefek fatal bukan hanya diri sendiri, tapi juga pengendara lain di sekitarnya. “Efek rem mendadak saat jalanan ramai justru menambah masalah, karena bisa mengakibatkan tabrakan beruntun. Belum lagi jika gejala slip berujung pada pengendara yang terjatuh di jalur Transjakarta saat bis melintas? Pastinya fatal.”

Solusinya, pengereman harus dilakukan secara bertahap sehingga ban tidak terkunci. “Sehingga pengendalian motor lebih mudah saat menghindari lubang,” katanya.

Sementara jika tak sempat melakukan perlambatan dan menghindari lubang, maka saat roda depan menyentuh bibir lubang, semua rem harus dilepas. “Tujuannya agar benturan lebih ringan dan efeknya tidak terlalu terasa di setang dan motor tetap terkendali,” pungkas pria ramah ini.

Dan yang pasti tetap waspada dan konsentrasi saat berkendara! Hati-hati di jalan... (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa