Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Hujan dan Angin Kencang, Hindari Rem Mendadak!

Dimas Pradopo - Selasa, 29 Oktober 2013 | 16:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Beberapa hari terakhir, hujan lebat disertai angin kencang melanda Indonesia, termasuk ibukota Jakarta. Bahkan tak jarang, hujan badai ini menyebabkan pohon tumbang dan kecelakaan motor karena jalanan licin. Hal ini tentu membahayakan pengendara motor.

“Saat berkendara di jalanan licin, yang harus diperhatikan adalah jaga jarak aman dan hindari pengereman mendadak,” buka Jusri Pulubuhu selaku pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi OTOMOTIFNET.COM pada Selasa (29/10).

Menurutnya, jalanan basah akan mengurangi kemampuan traksi roda. Sehingga jarak pengereman akan lebih panjang ketimbang saat kering. “Lebih baik menjaga jarak aman sedikit lebih jauh dari kendaraan di depan. Sehingga kondisi di depan lebih mudah dipantau.”

Jangan lupa, saat mengerem rem lakukan secara halus atau diurut. “Jangan melakukan rem mendadak yang bukan hanya berakibat motor selip, lebih parah juga bisa memicu tabrakan beruntun,” jelasnya.

Selanjutnya, hindari juga kebiasaan bermanuver secara mendadak. “Jelas keseimbangan motor saat jalan kering dan basah berbeda. Tentunya, manuver patah saat berkendara di lintasan yang licin lebih rawan selip,” pungkas Jusri.

Terkait angin kencang, sebaiknya memilih berteduh dari pada harus nekat. Pasalnya, berkendara dalam terpaan angin kencang akan mengganggu keseimbangan. Tapi ingat, berteduhnya jangan di bawah fly over yang bisa membuat arus lalu lintas terhambat!

Tetap safety ya bro!  (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa