Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Jazz Diesel, Konsumsi BBM Beda Tipis dengan Suzuki Celerio Diesel

Senin, 15 Juni 2015 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

New Delhi - India baru kejatahan Honda Jazz terbaru pada 8 Juli 2015 mendatang. dan seperti produsen mobil lainnya, Honda pun akan menawarkan versi mesin diesel untuk Honda Jazz. Maklum, masyarakat India begitu gemar mobil bermesin diesel. 

Menariknya lagi, Honda Jazz diesel disebut-sebut akan menjadi mobil paling irit BBM kedua di India. Kalau versi mesin bensin akan mendapatkan transmisi manual dan CVT, maka khusus untuk mesin diesel, hanya tersedia transmisi manual 6 percepatan.

Hasil pengujian ARAI, Honda Jazz i-DTEC punya catatan konsumsi bahan bakar 27,3 kpl. Bahkan hanya beda tipis dari citycar terbaru Suzuki Celerio diesel yang punya catatan konsumsi BBM 27,62 kpl. Kalau Celerio kapasitas mesinnya 1.0 liter, sedangkan Honda Jazz diesel berkapasitas 1.5 liter.
No caption
No credit
No caption

Perlu diingat juga, Suzuki Celerio hanya berbobot sekitar 900 kg, dengan mesin dua silinder dibawah 1000cc. Sedangkan Honda Jazz punya bobot sekitar 1,1 ton, dengan menggendong mesin 4 silinder, bertenaga 100 dk dan torsinya 200 Nm.

Mesin ini mengadopsi dari Honda City diesel. Namun para insinyur Honda sudah membuat pembedaan pada rasio gigi lebih tinggi, sekitar 8 persen lebih tinggi dari Honda City, untuk meningkatkan efisiensi dan drivability yang lebih baik. 

Namun, ada titik lemah dari mesin ini. Pertama, mesin diesel ini dianggap terlalu berisik! Ciri khas bisingnya mesin diesel Honda seperti pada Amaze, Mobilio dan City, ternyata terjadi juga pada Honda Jazz diesel.

Tapi, dengan tuning pada rasio gigi tadi, ketika Honda Jazz berjalan pada kecepatan tinggi, misalnya 100 kpj pada posisi gigi 6, putaran mesin sangat santai berada pada putaran 1.800 rpm. Pada kondisi ini, kebisingan mesin diesel Honda bisa sedikit diredam.

Seperti Honda versi diesel lain, mesin diesel Honda Jazz tidak memiliki turbo. Apa yang ditawarkan adalah pengiriman daya linear sampai sekitar 3,000-3,500 rpm, titik optimal untuk mengail tenaga. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa