Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Beda Daihatsu Copen Indonesia dengan Jepang

Jumat, 29 Mei 2015 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ubud - Bisa dibilang 'tumben' kalau Astra Daihatsu Motor (ADM) yang biasanya membuat mobil sendiri di tanah air untuk pasar lokal, kali ini mengimpor langsung Daihatsu Copen dalam bentuk CBU dari Jepang. Lalu adakah beda antara Daihatsu Copen di Jepang dengan di Indonesia?

Langsung dijawab Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. Dirinya mengatakan, mengimpor Daihatsu Copen dalambentuk CBU tanpa banyak melakukan penyesuaian apapun. 

"Bedanya dengan di Jepang apa? Kondisinya apa adanya. Apa yang dibuat di Jepang itu yang dijual di Indonesia. Kalaupun ada beda, paling head unit. Karena kalau pakai head unit dari sana (Jepang) pasti tidak akan nyala disini," ujar Amelia disela test drive Daihatsu Copen di Bali (28/5)
No caption
No credit
No caption

Head unit Daihatsu Copen bermerek Pioneer terbilang lumayan, dengan luas layar 7 inci dan sudah bisa mengakomodir berbagai macam koneksi dan bisa memutar berbagai format file, baik lagu maupun video. Bahkan, koneksi ke smartphone bisa melalui Bluetooth maupun Mirror-link. Jadi, terbilang lengkap.

Bahkan, OTOMOTIFNET juga melihat ada huruf kanji Jepang pada meter cluster disamping indikator suhu udara, pertanda tidak ada yang diubah oleh Daihatsu.

Begitu juga dengan mesin dan transmisi, tidak ada perbedaan antara Daihatsu Copen di Jepang dengan di Indonesia. Mesinnya tetap direkomendasikan untuk menenggak bensin RON 92, meski saat darurat tidak menolak juga untuk minum bensin Premium.

Pun begitu dengan usungan transmisi CVT yang benar-benar dirancang untuk jalan raya di Jepang. Karenanya, meskipun bisa dipakai di Indonesia, tapi tetap riskan. Alasan inilah yang membuat Daihatsu tidak sembarang menjual Daihatsu Copen transmisi CVT kepada masyarakat Indonesia. 

"Dikita kan banyak debu dan jalannya nggak mulus. Sebenarnya nggak ada masalah dengan transmisi CVT. Tapi kalau kena debu terlalu banyak, bisa tiba-tiba mengunci, kan bahaya," tambah Amelia lagi.

Jadi benar-benar plek sama persis ya? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa