Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Spesifikasi Honda City CNG untuk Riset Nasional

Selasa, 17 Februari 2015 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Serpong - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di tanah air mendapat mainan baru, berupa mobil berbahan bakar gas CNG Honda City. PT Honda Prospect Motor mendonasikannya guna mendukung pengembangan mobil hijau di Indonesia.

Honda City berwarna putih yang didonasikan itu mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua bahan bakar, bensin dan CNG. Nah, meski kapasitas mesin dan teknologinya sama, namun ada perbedaan tenaga dan torsi saat menggunakan bensin dan CNG.

Honda City bensin punya tenaga 120 dk dan torsinya 14,6 kgm. Sedangkan saat menggunakan bahan bakar CNG, tenaga yang dihasilkan menurun jadi 102 dk dan torsinya juga turun jadi 12,8 kgm. 

Begitu juga dengan akselarasinya. Memakai bahan bakar bensin, akselarasi dari diam sampai 100 km/jam tercatat 12 detik, sedangkan saat mesinnya menggunakan CNG, akselarasi nol sampai 100 km/jam 16,3 detik.

Piranti konventernya sendiri terdiri dari ECU CNG yang bekerja mirip dengan ECU untuk bahan bakar bensin. Kemudian ada Presure regulator, injector CNG, serta tangki berkapasitas 42 liter. Otomatis, bobot mobilnya pun bertambah menjadi 1.246 kg dari sebelumnya 1.145 kg.

Mesin tersebut akan disalurkan tenaganya melalui transmisi otomatis 5 percepatan. Sementara untuk fitur dan spesifikasi lainnya, tidak berbeda dengan Honda City bermesin bensin yang sudah dipasarkan di tanah air. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa