Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Civic FD1 A/T 2008, Anti Mainstream Elegan

Otomotifnet - Jumat, 31 Juli 2015 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tidak mudah menggabungkan dua aliran modifikasi menjadi satu, namun terbilang sukses di sedan berkelir gelap ini


Jakarta - Memiliki selera tinggi serta budget mencukupi, bisa dipastikan akan membuahkan karya modifikasi yang totalitas. Ini terjadi pada Honda Civic kelahiran 2008, tunggangan pribadi Yayat Pratama.“Kalau modifikasi sedan gaya racing/sport sudah pasaran. Gue pengin bikin gaya yang beda, yakni elegan dan VIP,” ujar Yayat, sapaan akrabnya.

Mewujudkan konsepnya tersebut, proyek modifikasi Civic kesayangan dipercayakan sepenuhnya pada rumah modifikasi HJ Auto Works di Depok, Jabar. Ubahannya meliputi eksterior, interior, audio dan kaki-kaki. Namun untuk mesin, Yayat membiarkan standar.Hasilnya tak sia-sia, sedan berkelir hitam ini beberapa kali berhasil meraih piala pada sejumlah ajang kontes, yakni The Best Sedan, Best Elegant Style, Best Elegant Look dan Best Painting. • (otomotifnet.com)

VIP & Elegant style

Gaya modifikasi tersebut berawal dari negeri Sakura, Jepang. Identik dengan big sedan ataupun luxury sedan RWD Jepang. Unsur modifikasinya seperti pemasangan pelek dengan spesifikasi lebar dan offset yang agresif. Tampilan harus ceper, biasanya menggunakan air suspension, namun terkadang masih ada yang berani mengunakan setup ‘static’.

No caption
No credit
No caption

Mesin tidak terlalu banyak ubahan karena standarnya sudah dirasa enak


Very Important Person (VIP) adalah gaya modifikasi yang tidak terlihat ekstrem, namun di balik tampilan yang simpel banyak sektor yang diubah. “Contohnya seperti ganti pelek berukuran besar, lebar, celong dan dibutuhkan penyetelan pada sudut kemiringan camber roda,” ujar Mamat, pemilik Riverside Wheels. Kalau mau lebih ekstrem, bisa aplikasi air suspension agar bisa ceper abis.

No caption
No credit
No caption


Sebenarnya gaya modifikasi elegan dan VIP tidak jauh berbeda. “Namun biasanya gaya elegan berawal dari interior yang rapi dan bersih, contohnya dengan cara melapis ulang jok standar dengan bahan kulit. Bisa menggunakan bahan yang terjangkau hingga mahal harganya,” terang Eppy Yunelvi, pemilik PADI Car Leather Seat.

No caption
No credit
No caption

Interior mencerminkan tampilan elegan dengan balutan kulit berwarna cokelat


Selain jok, terkadang ada yang meminta bagian dasbor dan door trim dibungkus kulit juga. Untuk eksterior biasa menggunakan pelek model ‘ngeblok’ ataupun mesh berukuran besar dengan setup yang enggak terlalu agresif, hanya untuk mengejar kesan enak lihat.

No caption
No credit
No caption

Pada setiap pintu ada 2 layar LCD


“Terkadang memilih cat berwarna putih, merah terang dan lembayung bisa dijadikan pilihan untuk mengejar tampilan elegan,” ujar Freddy Hermawan, pemilik bengkel Newface di daerah Karang Tengah, Jaksel. Hanya saja pada zaman sekarang, tampilan elegant dan VIP style tidak hanya diaplikasi pada sedan besar saja, namun dapat juga diaplikasi ke MPV, SUV bahkan K-Car.

Biasanya agar terlihat lebih catchy, ada yang menambahkan aksen-aksen chrome atau berlian di beberapa sudut bodi. •


Air Sus + Offset Minus

Memutuskan untuk memasang seperangkat sokbreker jenis balon jadi pilihan tepat untuk mengejar tampilan VIP style. “Big sedan, kandas, offset pelek agresif dan lainnya masih banyak yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan VIP,” jelas warga daerah Depok, Jabar ini.

No caption
No credit
No caption

TV berukuran 23 inci bisa keluar-masuk menggunakan motor elektrik custom


Dipilihnya air suspension merek Air Runner dengan 3 setelan, agar bisa mengantar sasis mepet dengan aspal. “Sokbreker balon tersebut ditebus Rp 70 juta,” beber bapak 2 anak ini.Urusan sepatu, Yayat mengaku pelek yang dipakainya ini merupakan pelek ketiga yang diganti. Kali ini pilihan jatuh pada merek asal Jepang, yakni Work Meister M1R yang dipesan dengan spesifikasi agresif.

No caption
No credit
No caption

Pintu bagasi dapat dibuka tutup menggunakan remote jarak jauh


Berdiameter 19 inci dengan lebar belang 10 inci (depan) dan 11 inci (belakang). Yang spesialnya lagi adalah, offset dipesan khusus agar hasil akhirnya mepet dengan fender, yakni -4 pada depan dan – 2 pada belakang. Sementara itu, agar pelek tersebut dapat masuk ke liang fender, dilakukan pengerjaan wide body natural yang dilakukan pada keempat fender.

No caption
No credit
No caption

Sekarang, bibir pelek akrab dengan bibir fender


Alhasil, saat air sus disetel pada posisi paling rendah bibir pelek akan duduk manis di bibir fender. Selain wide body, dibuatkan body kit custom model Junction Produce yang bentuknya menjuntai. Karena sudah terlanjur mengubah banyak pada bodi, Yayat memutuskan untuk melabur ulang cat. Warna Special Deepblack Spies Hecker ini yang akhirnya dipilih untuk membungkus seluruh bodi. Keren.


No caption
No credit
No caption

Tail pipe nempel aspal, gokill!!



Interior Heboh


Ruang interior dibuat heboh dengan adanya minibar yang merupakan ciri khas gaya VIP. Terdapat minibar yang berlokasi pada  dasbor bagian penumpang depan, dilengkapi gelas wine, sementara di tengah jok penumpang belakang, terdapat tempat yang bentuknya menyerupai lemari untuk menyimpan botol minuman.

Bisa duduk-duduk santai menikmati car entertainment


Pada sektor jok, pria bertubuh sedang ini memilih untuk menjahit ulang dengan bahan kulit berwarna cokelat tua dan menambahkan aksen sofa pada bagian tengahnya. “Agar terkesan mewah saja sebenarnya,” kekeh Yayat.

Selain itu, dasbor ikutan dilapis bahan kulit sewarna jok agar terlihat senada. Pada bagian plafon, dipasang LED sekeliling atap untuk meberi penerangan pada malam hari dan membuat kesan mewah. Selain itu, terdapat tataan audio yang mencirikan mobil kontes. Lihat saja terdapat 8 buah LCD TV berukuran 4 inci yang dipasangkan 2 layar pada setiap pintu.

Masih banyak ubahan yang dilakukan, tengok bagian pintu bagasi yang menggunakan motor penggerak, yang dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan remote. Enggak heran deh sempat menyabet nominasi Best Audio Design dan Best Elegant Interior.

Plus:
- Konsep modifikasi berhasil dicapai

Minus:
- Mesin masih standar

DATA MODIFIKASI

Eksterior Custom body kit Junction Produce, Emblem pilar C Junction Produce, Lampu depan + belakang angel eyes style, Cat Special Super Deep Black Spies Hecker, Emblem bagasi Junction Produce, OEM Honda Sunroof, LED fog lamp Esuse Japan, Natural wide body, Ducktail custom, Grill depan custom, HID lamp, Custom DRL Interior Kinglight strates, Blackwood handbrake, Blackwood door panel, Blackwood steering wheels, Pedal set Junction Produce, Air suspension indicator, MOMO shift knob, tissue box Junction Produce, Emblem panel AC Junction Produce, Karpet Junction Produce, Gorden Junction Produce, Dashboard mat Junction Produce, Spion dalam Junction Produce, Emblem setir Junction Produce, Head rest Junction Produce Kaki-kaki Pelek Work Meister M1R R19x10-11 inci, Offset -4 & -2, PCD 5x114,3, Air Runner air suspension, Ban Toyo DRB 225/35R19 depan & 265/30R19 belakang Audio 10 buah layar LCD ukuran 4 inci, 2 Aki 70AH, TV Sharp 23 inci, DC-AC Converter, 7 inci monitor headrest, Subwoofer Domination 12 inci, HU Pioneer AVH5650BT, Monoblock amplifier LM Audio, Amplifier Audio System 4 channel, 2 way Crescendo Opus 3 speaker, 3 way Crescendo Opus 3 speaker, custom pintu bagasi motorized, motorized motor for 23 inch TV screen Mesin Samco Pipes, Oil cap J’s Racing, Radiator cap Pivot, Oil catch tank Cusco, Open air filter Altech Rumah Modifikasi Eksterior: HJ Auto

Work (021-8774 0331)
Audio: Cartens Autosound and Installations (021-7279 8998)
Kaki-kaki: YM Auto Wheel (0877-7010 0059)
Interior: Vinnci Car Leather Seat (021-5574 6984)





Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa