Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Skyline GT-T ER34 2000, Replika Blitz Skyline Nomuken

Otomotifnet - Jumat, 17 Juli 2015 | 10:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kalau punya mobil yang rare, harus pakai part rare juga biar tampilannya makin maksimal

Jakarta - Kalau rajin mengamati sosial media Instagram, pasti pernah melihat foto mobil yang satu ini dan pastinya tahu siapa pemiliknya. Yup, drifter yang kerap ikut balap drifting di luar negeri ini rupanya punya mainan baru.

“Gue lagi pengin punya sport car Jepang yang bisa dipakai harian, tapi juga bisa buat balap,” ujar Mr. A yang tidak mau nama lengkapnya disebutkan di sini. Dasar jodoh, Mr. A malah ditawari Nissan Skyline GT-T ER34 tahun 2000. Kalau kebanyakan Nissan Skyline yang masuk ke Indonesia adalah R34 versi 2 pintu, ini yang 4 pintu! Gokil!

No caption
No credit
No caption

Interior baru pasang panel karbon saja


“Sepertinya ini Skyline 4 pintu kedua yang masuk ke Indonesia, selebihnya belum ada lagi,” klaim Mr. A. Meski tidak membawa nama besar klan GT-R, mobil ini tetap saja memiliki keunikan tersendiri dengan 4 pintunya dan penggerak roda belakang.

No caption
No credit
No caption

Pelek Work Emotion CR-Kai ini enak untuk diajak drifting


Walaupun langka, tidak lantas mengurungkan niat Mr. A untuk memodifikasi. “Dari awal gue cari, kan memang sudah niat mau dimodifikasi supaya bisa buat harian dan buat balap juga,” bilang pemukim kawasan Kuningan, Jaksel ini. Seperti apa sih modifikasinya? • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

Sekarang jadi lebih enak dipakai sideways nih!



No caption
No credit
No caption


Body kit-nya langsung ditenteng dari Jepang loh! Exhaust systemnya juga ganti full HKS


Body Kit Uras


Karena Mr. A sudah sering ikut drifting di Jepang, maka ia berkenalan dengan Ken Nomura, drifter ternama asal Jepang yang juga menggunakan Nissan Skyline GT-T ER34 di ajang D1GP. “Dia senang banget begitu tahu gue punya mobil yang sama seperti dia,” seru pemilik mobil Mitsubishi Lancer Evolution VIII, Nissan Silvia S13 dan S15 ini.

Kebetulan Mr. A juga naksir berat dengan body kit yang dipakai Nomuken, panggilan akrab Ken Nomura, di Skyline GT-T ER34 miliknya itu. Oh iya, Nomuken adalah punggawa bengkel spesialis body kit yang bernama Uras di Jepang. Untuk Nissan Skyline GT-T ER34 sendiri, Uras menyediakan 3 model body kit, untuk harian, street dengan lips body kit minimalis dan khusus untuk drift.

Tentu saja Mr. A menyukai model yang untuk drift, apalagi body kit ini tidak dibuat massal dan pastinya didesain juga dihitung dengan cermat karena untuk drift. Yang membuat body kit ini jadi lebih spesial lagi. “Nomuken sendiri ikut membuatkan side skirt dan ducktail-nya, bahkan dia juga kasih gratis setelah gue beli bumper depan belakang, juga fendernya,” tuturnya lagi.

Desain bumper belakangnya dibuat semirip mungkin dengan Blitz Skyline ER34 Nomuken di D1GP. “Jadi mobil ini sudah mirip banget sama mobilnya Nomuken, cuma kurang sirip di atas kaca belakang saja yang enggak ada,” bilang pembalap murah senyum ini.

Lalu pria yang senang mendesain ini menenteng sendiri body kit ini dari Jepang ke Indonesia. “Sudah enggak sabar banget pengin lihat hasilnya pas dipasang ke mobil, pasti keren banget!” serunya. Begitu terpasang, aura sporty Skyline pun semakin terlihat jelasterlihat jelas. Keren!

No caption
No credit
No caption


Mesin ke depannya mau ganti turbo yang lebih besar


Modifikasi Mesin Dua Alam


Nissan Skyline GT-T ER34 ini dibekali RB25 NEO, 6 silinder segaris berkapasitas 2.500 cc dan sudah dilengkapi turbo. Mr. A mempercayakan modifikasi mesinnya ke AHT Garage dengan Regi yang ada di kawasan BSD, Tanggerang.

Oleh Regi, dibuatkan piping custom untuk membantu kinerja turbonya, berikut pemasangan blow off valve HKS. Selain itu, exhaust kit HKS juga dipasang untuk membantu melancarkan aliran gas buang.

Agar panas mesin tidak berlebih radiator standar diganti dengan Koyorad. Lalu agar enak untuk dipakai sideways, dipasang limited slip differential lansiran KAAZ dari Jepang 1,5 way. “LSD 1,5 way ini mengunci kanan kirinya sekitar 60%, kalau untuk drift beneran kan biasanya yang 2 way,” jelas Regi. Untuk suspensinya dipasang coilover Blitz, lalu peleknya pakai Work Emotion CR-Kai 18x8 inci.

Dengan settingan seperti ini saja sekarang Mr. A sudah sering menggunakannya untuk drifting atau track day. “Sekarang power mesinnya mencapai sekitar 270 dk,” ujar Regi.

No caption
No credit
No caption


Dilihat dari mana saja Skyline replika Nomuken ini semakin terlihat sporty


Midnight Purple


Salah satu warna favorit di keluarga Nissan Skyline adalah midnight purple, selain warna blue yang banyak terlihat di Skyline GT-R R34. Sejarahnya adalah ini menjadi special colour yang ditawarkan oleh Nissan Jepang di Skyline GT-R R33 di tahun 1996.

Desain fendernya sangar tapi memperhitungkan aerodinamika


Sontak Skyline GT-R R33 berwarna midnight purple pun menjadi incaran karena tidak banyak diproduksi alias edisi terbatas. Begitu juga ketika Skyline GT-R R34 dikeluarkan dengan warna Midnight Purple II dan III, laku keras! Terilhami dari situ, Mr. A mengecat mobilnya dengan campuran warna ungu terang dan biru tua dari Spies Hecker.

“Sengaja gue campur supaya ungunya enggak terlalu tua, kalau lagi di tempat yang agak gelap pun masih kelihatan bias warna ungunya,” tukas Mr. A lagi. Body kit Uras tentu juga dilabur warna yang sama agar senada.

Plus:
- Body kit langka khusus drift atraktif

Minus:
- Interior belum terlalu diseriusi

Data Modifikasi:

Body kit Uras, cat midnight purple Spies Hecker, coilover Blitz, pelek Work Emotion CR-Kai 18x8 inci, ban Achilles ATR Sport 265/35ZR18, blow off valve HKS, exhaust system HKS, custom piping, radiator Koyorad, LSD KAAZ 1,5 way, pelat kopling Nismo single clutch




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa