Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Civic Nouva 1989, Kencang Tapi Modis

Otomotifnet - Rabu, 1 Juli 2015 | 18:03 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Mungkin ini sosok Honda Civic Nova 1989 yang paling kaya pengalaman berkompetisi. Mulai dari 1997 pernah ikut sprint rally, time rally hingga drag race


Solo - Namun setelah malang melintang di berbagai ajang drag race, tahun 2009 sempat istirahat lama. Malah lebih sering berkiprah pada kompetisi modifikasi. Paling baru di ajang kontes di Yogyakarta, beroleh best racing interior, hootest engine bay, best drag look, the four fighter. Jumlah trophynya buanyaakkk.

No caption
No credit
No caption

Interior lebih terondol, jok custom, dasbor custom, indikator dari Autometer


“Sekarang siap turun gelanggang lagi. Nah soal lama ‘tidur’ dan lebih pilih mejeng di kontes modif, semata-mata mau buktiin bahwa mobil drag itu enggak hanya kencang tapi fashionable,” senyum Gustapriya, owner Nouva ini.

No caption
No credit
No caption

Atap sekarang dipotong lagi 15 cm untuk mengejar aerodinamis


Nouva Lebih Liar

Gustapriya memang sosok lama di kebut lurus, bos bengkel Protect Auto Care & Service, di Jl. Bantul 84, Yogyakarta ini ngaku berkarir di kebut lurus dengan catatan waktu terbaik 9 detik lebih. Kini mau turun gelanggang karena ingin nostalgia dan memacu adrenalin.

No caption
No credit
No caption

Selain rem cakram, ada parasut untuk membantu pengereman


Toh Gusta, panggilan akrabnya tak main-main. Persiapannya turun di kelas FFA. Dari depan misalnya, kap mesin fiber lama yang desainnya lancip ditanggalkan dan berganti lebih mengkotak. Termasuk atap yang dipangkas lagi hingga 15 cm.

No caption
No credit
No caption

Pakai ban slick demi traksi maksimal di aspal


“Nouva lebih liar. Entakan di bagian depan terasa ngangkat ketika gas dibejek, beda dengan Estilo yang lebih smooth dan merapat ke aspal. Makanya saya perlu meriset ulang bodi depan, mengimbangi liarnya mesin,” yakin pria yang juga berbisnis hotel, sembari menunjuk rangkaian tubular di bagian depan sebagai penguat juga pemberat.

No caption
No credit
No caption

Gusta. Siap turun gelanggang demi mencari adrenalin baru di kelas FFA

Spesifikasi mesin pun berganti karena fokus di FFA. Saat ini dibenamkan tipe B20b, 4 silinder berkapasitas 2.000 cc. Dulu pakai mesin Estilo 1.600 cc yang di-upgrade 1.700 cc. Kalau dalam kondisi standar, mesin B20b sanggup menyemburkan tenaga sampai 124 dk.

No caption
No credit
No caption

Selain bodi baru, spesifikasinya dibuat lebih segar agar siap bertarung di ajang drag race


Namun bila berkolaborasi dengan karburator 4 barrel Weber 50 mm serta turbo IHI RHF 4. Serta didukung modul pengapian MSD 7AL2, plus koil MSD dan seabrek perangkat lain termasuk perangkat tabung NOS custom yang ditanam pada ruang interior, sudah pasti tenaga melonjak jauh. Sayangnya Gusta belum mengukur berapa tenaga real di mesin dyno.

Mesin baru dibuat lebih powerful, tapi sayang belum sempat dyno


Alhasil, belum tahu juga bakal peroleh best time berapa. Lha wong ketika uji coba di sesi foto, kendala persneling sulit masuk di gigi 2 masih hadir. “Setelan koplingnya belum pas nih,” argumen ayah 3 orang anak ini.

Yang pasti racikan seting ‘manual’ begini memang yang diinginkan Gusta. Artinya tanpa perlu laptop buat ngeset mesin. “Lebih pas begini. Toh masih berani ngacir berkompetisi di lintasan,” yakin Gusta yang ternyata sedang ancang-ancang berternak Nouva.

Maksudnya, selain menyiapkan Nouva andalannya ini untuk turun drag race, dirinya juga beternak unit Nouva lain yang siap digaspol di trek lurus sesuai kelasnya. Jadi bakalan ada 3 Nouva dan 1 unit Estilo yang semua berkelir biru. Rencana disiapkan ngebut di super FFA, FFA dan kelas lainnya. Semuanya diriset di bawah komando bengkelnya, Protect Auto Care & Service.

Kita tunggu kiprahnya... • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi:

Mesin Tipe: B20b Air filter: Huricane Radiator: SARD Koil: MSD Modul Pengapian: MSD 7AL2 Aki: GS Hybrid Turbo: IHI RHF4 Blow Off: Custom Inter Cooler: Imussa Fly Wheel: B20 Custom Kopling: ACT Ekstrim Eksterior Side Skirt: Custom Bumper belakang: Custom Rear Wing: Custom Kap Mesin: Custom One Piece Kaca-Kaca: Full Akrilik Tangki bahan bakar: Jaz Knalpot: Custom Body: Chop Top Interior Door Trim: Custom Dasbor: Custom Plat Bordes Safety Belt: Scroth Handbrake: Custo Custom Indikator: Autometer Spidometer: Autometer Roll Bar: 6 titik Setir: Momo Shift Knob: Custom Kaki-Kaki Pelek depan: TRD 13x8 inci Pelek Belakang: Bogart 8x5 Ban Depan: M&H Race Master 8.0/22.0-13 Ban Belakang: M&H Race Master 8.5/24.5-13 Sokbreker: Bilstein Per: H&R Rem: Parasut Braking System Bengkel: Protect Auto Care & Service 0274-7117002


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa