Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Brio Satya 2014, Mobilnya Anak Muda

Otomotifnet - Rabu, 24 Juni 2015 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Penataan audio di belakang mau tidak mau harus ada yang dikorbankan. Sekarang tinggal jok bagian depan orisinal Momo saja yang berfungsi sebagaimana mestinya


Jakarta - Arek Suroboyo yang satu ini, memboyong gelar King of Brio. Tentu gelar ini cukup istimewa, pasalnya Evan Sumanto jadi raja pertama kelas Brio yang baru dibuka pada Honda Jazz & Brio Tuning Contest 2015 ini.

No caption
No credit
No caption


Kalau melihat latar belakangnya, owner rumah modifikasi Auto Concept di komplek perumahan Darmo Indah Timur, Surabaya ini bukan orang baru di ajang kontes. Karir sebagai modifikator yang sudah dirintis dari 15 tahun silam itu, sudah beberapa kali membuahkan hasil yang membanggakan.

No caption
No credit
No caption

Emblem Honda tertanam di casing karbon


Dengan modal Brio Satya dan waktu pengerjaan yang hanya 3 minggu, pria berperawakan langsing ini percaya diri untuk ikutan event tahunan dari PT Honda Prospect Motor. Padahal kalau dilihat sendiri apa yang sudah dilakukan terhadap Brio berkelir putih ini, bisa butuh waktu lebih dari 3 minggu.



Enggak percaya? Mari dipreteli satu per satu apa yang sudah dilakukan Evan bersama kru Auto Concept. Dimulai dari bagian interior yang mengadopsikan in car entertainment. Di mana head unit berlabel Nakamici yang di bagian depan kombinasinya dengan speaker 3-way dari Cello.
No caption
No credit
No caption


Pelek Volk Rays ukuran 17 inci, dicustom jadi merah cyralic plus Brembo 4 piston

Hal yang sama dilakukan pada bagian belakang plus 2 subwoofer 10 inci yang juga dari Cello. Untuk spesifikasi power yang dipakai, Cello 4ch (CA50) dan 1 ch (CA15) 1ch. Pemasangan turn table DJ dengan meja motorized, jadi hal yang menarik perhatian pengunjung Mall Taman Anggrek, Jakbar yang kebetulan melihat Brio milik Evan.

No caption
No credit
No caption

Cutting sticker bertema Geisha, enggak gampang aplikasinya


“Penataan audio sistem di belakang mau tidak mau harus ada yang dikorbankan. Sekarang tinggal jok bagian depan orisinal Momo saja yang berfungsi sebagaimana mestinya,” ungkap Evan. Di bagian luar, konsep modifikasi yang diusung adalah extreme colour splash.

No caption
No credit
No caption

Demi audio sistem, jok belakang dirumahkan paksa


Cutting sticker bertemakan Geisha dan warna-warni menghiasi sisi kiri dan kanan Brio Satya. “Mobil ini identik dengan anak muda dan oleh karenanya, gambar yang ada harus disesuaikan dengan jiwa anak muda,” papar Evan.

Evan Sumanto, mengukir sejarah sebagai first King of Brio


Dilihat dari pengerjaan cutting sticker di bagian kiri dan kanan, terlihat memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Selain harmonisasi warna yang enggak membuat si Geisha tertutupi, detail dari potongan-potongan kecilnya enggak ada yang tertinggal. Dilihat secara detail maupun sekilas, enggak menimbulkan kesan ada yang kurang pada aplikasi cutting sticker tersebut.

Demi memperkuat kesan mobil anak muda di bagian kaki-kaki, maka pelek Volk Rays TE37 berdiameter 17 inci yang terpasang diguyur kelir merah xyralic. Biar enggak kelihatan monoton, colour splash menghiasi beberapa bagian.

Kaliper kelir merah yang memang jadi ciri khas Brembo, diandalkan untuk sisi pengereman. Budget kurang lebih Rp 18 juta, dikeluarkan agar sistem pengereman yang memiliki spesifikasi 4 piston (340 mm) terpasang di depan.

“Cukup makan tenaga dan pikiran, saat mengaplikasikan rem bawaan Civic Type R ke Brio. Tapi dengan braket custom dan beberapa modifikasi yang melibatkan tukang bubut, akhirnya dapat terpasang juga,” aku anggota Revenge Surabaya ini.

Di balik kap mesin yang terbuka dengan sistem motorized, beberapa part racing dipasang untuk mendongkrak performa. Paling tampak menonjol, pemasangan open filter HKS, piping custom dan header 4:1 custom. • (Otomotifnet.com)

Plus:
Enggak ada kesan modifikasi yang terlalu ekstrem

Minus:
Coba pelek dibiarkan merah xyralic tanpa splash

Data modifikasi

Bumper: Custom by Auto Concept Fog Lamp: Mugen All New Jazz Lampu Kolong: Led Ice Blue Open Filter: HKS Piping Open Filter: Customs Ground Wire: D1 spec Kap Mesin: Motorise Strut Bar engine: Ultra Racing Knalpot: HKS 2 piping Header: 4:1 customs Resonator: Scotcs Pelek: Volk Rays TE37, 17 inci Ban: Dunlop 205/45R17 Kaliper: Brembo 4 pot 340 mm Suspensi: Tanabe Dumper: Huricane Jok: Original Momo Pedal Gas: Original Momo Shif Knop: Original Momo Cutting Sticker: R'n Arts (0838-56655779) Modifikator: Auto Concept (0817-333334)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa