Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi BMW 320i E36 1993, Bawa Piala dengan Dana Terbatas

Otomotifnet - Selasa, 5 Mei 2015 | 11:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Satu bulan membangunnya dengan dana terbatas, sudah dapat podium 3


Jakarta - Membangun mobil balap yang proper, pasti butuh modal besar. “Tapi tunggu dulu sob, main balap dengan budget yang terjangkau juga bisa kok,” ujar Yuda Anggoro, pemilik bengkel AHT Garage yang dipercayakan memodifikasi BMW 320i keluaran tahun 1993 ini. Buktinya, pertama kali ikut balap ETCC 2015 di Sentul (16/4), Andri Budiman sudah bisa menyabet gelar juara 3 di kelas ETCC 2000 Promotion Class.

No caption
No credit
No caption

Perubahan mesin tidak banyak, tapi sudah bisa mengantar Bobby juara 3


“Niatnya pengin coba-coba dulu serunya balapan di sirkuit itu seperti apa, jadinya gue juga enggak mau ngeluarin budget banyak,” jelas sang pemilik E36 ini.Perubahan yang dilakukan pada juga enggak banyak. “Hanya mengakali mesin pada sistem pasokan udara, pembuangan dan seting kaki-kaki,” tambah Yuda.

No caption
No credit
No caption

Belum menggunakan big brake kit (BBK) tetapi sudah dirasa cukup mempuni meredam laju kendaraan


Pada sektor mesin berkapasitas 2.000 cc ini, pria berkacamata ini hanya mem-porting polish kepala silinder, mengganti saringan udara dengan K&N open air filter, kopling racing clutch 6 pack custom, LSD custom, header custom, dan pemasangan Haltec stand alone engine management system.

No caption
No credit
No caption

Roll cage 6 titik beserta peranti balap sudah memenuhi regulasi


Kendala yang ditemuakan saat membangun mesin berteknologi VANOS ini adalah pompa yang sudah lemah, slang-slang dan lifter pada head harus diganti baru. Semua itu dikarenakan usia mesin cukup uzur.

Ini dia stand alone yang harganya lumayan mahal


Sementara itu, sektor kaki-kaki sudah mengadopsi coilover merek D2 Racing tipe circuit used fully adjustable. Buat roda, Bobby panggilan akrab dari Andri memilih pelek BMW Motorsport five spokes berdiameter 17 inci yang dibalut ban Champiro SX2 225/45 R17. Sedangkan disc brake dan brake pad pakai NBC buatan Inggris.

Terakhir, kokpit sudah dilengkapi roll cage enam titik dan kaca pada bagian samping dan belakang menggunakan bahan polikarbonat. Dan sebuah bucket seat Recaro ‘memeluk’ erat Bobby saat berpacu di trek.

Btw, berapa biaya modifnya? “Kira-kira habis Rp 100 juta untuk modif termasuk parts. Paling besar pada bagian reinforced bodi dan beli stand alone,” beber Yuda yang buka bengkel di daerah BSD, Serpong, Tangerang Selatan. • (otomotifnet.com)

Plus:
- Tampilan mesin standar, performa saat di track beringas

Minus:
- Bodi masih terlihat standar

Data modifikasi

Mesin Porting polish cylinder head, K&N open air filter, Header custom, Kopling racing 6 pack Interior Recaro bucket seat, setir Sparco Kaki-kaki Coilover D2 Racing fully adjustable (track used) Pelek BMW Motorsport 5 spoke 17 inci Ban GT Radial Champiro SX2 (semi slick) 225/45/17 LSD Custom Rumah Modifikasi AHT Garage (0813-1745 4535/Yuda)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa