Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Audio Hyundai Grand Avega, Juara Kelas Spesial EASCA

Otomotifnet - Selasa, 14 April 2015 | 12:05 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Sekilas perubahan audio yang dilakukan tidak terlihat terlalu signifikan, tetapi hasilnya terbukti telah membuat telinga juri special class EASCA 2014 terlena

Jakarta
- Kompetisi ini biasanya mengkategorikan peserta berdasarkan total harga modifikasinya. Tetapi 2014 kemarin, Grand Avega Community (Gravity) mengadakan kategori kelas spesial yang terdiri dari 11 peserta. Tentu saja, semua pesertanya menggunakan Hyundai Grand Avega (GA).

No caption
No credit
No caption

Sound diffuser dari bahan polyurethene memory impact ini terlihat seperti kemasan telur, fungsinya untuk meredam dan mendifusi pantulan suara


Menggunakan sistem 3-way dengan 1 subwoofer yang diletakkan di bagasi, tampilan GA milik Satya Wibisana ini terlihat tidak banyak ubahan. Tetapi dandanan yang minimalis, tidak menghalangi pria yang baru pertama kali mengikuti kontes audio ini menyabet juara satu pada EASCA special class khusus Gravity.

No caption
No credit
No caption

HU Alpine IVE-W535EBT, langsung ada fungsi built-in time correction, crossover dan 9-band parametric equalizer. Tidak perlu ditambah prosesor lagi


Menurut Satya, kualitas suara yang dihasilkan itu berasal dari head unit Alpine IVE-W535EBT yang digunakan. “Saya pilih Alpine karena karakternya lebih open dan natural. Selain itu, sudah ada fitur time correction dan crossover, jadi tidak perlu tambahan prosesor lagi,” lanjut pria yang berdomisili di Pulo Gebang, Jaktim itu.

No caption
No credit
No caption

Speaker 3-way dengan midrange Flux BC dan tweeter Impulse, efek staging-nya sangat terasa center

Untuk mendukung output suara yang dihasilkan, speaker depan di-upgrade ke full range. Tweeter memakai Impulse, sedangkan midrange yang dipasang tepat di bawahnya menggunakan Flux BC. Lantaran ini kontes audio pertamanya, Satya jelas deg-degan saat hasil karyanya dinilai juri, apalagi ketika melihat kompetitornya ‘dibantai’.

No caption
No credit
No caption

Power ARC KS300.4 dan ARC XXK 2100 diletakkan di bawah jok, masih ditumpuk-tumpuk, maklum instalasinya dilakukan sendiri

Tapi tak berlangsung lama. “Jurinya senyum-senyum dan berkomentar, ’suara audionya enak ya,’ setelah keluar dari mobil. Kaget juga jadinya dia ngomong begitu, hahaha,” tambah pria ramah itu. Menggunakan lagu audiophille berbagai genre, juri memberikan catatan frekuensi tinggi dari tweeter sudah enak, meskipun midrange masih kurang dan sub juga perlu dikembangkan lagi.


Satya. Kontes audio pertamanya dan langsung menyabet juara 1 di kelas spesial EASCA 2014 khusus Gravity


Di bagasi, ditempatkan subwoofer 10 inci merek Audio System MX Line yang dirapatkan ke jok dan diposisikan di tengah. Dentuman yang dihasilkan tidak begitu keras, maklum, khas SQ yang lebih mementingkan distribusi suara. Di sekitarnya, diletakkan 4 bahan berbentuk segienam yang kerap disebut ‘hexafusor’, fungsinya kira-kira sama dengan diffuser pada dasbor.

Hebat nih, kontes pertama langsung juara satu. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa