Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Civic Genio 1993, Belanja Barang Susah Lewat eBay

Iday - Selasa, 17 Februari 2015 | 12:07 WIB
Modifikasi Honda Civic Genio 1993, Hobi Belanja Lewat eBay
OTO-Hardy
Modifikasi Honda Civic Genio 1993, Hobi Belanja Lewat eBay
 
Enaknya pakai Honda, banyak part untuk upgrade baik soal performance ataupun dress-up bodi

Otomotifnet.com - Hal ini diamini oleh James Hanjaya, pemilik Honda Civic Genio kelahiran 1993 ini.
 
“Kalaupun kesulitan mencari parts di Indonesia, tinggal transaksi saja lewat eBay. Malah saya banyak belanja di sana untuk barang-barang yang jarang di Tanah Air,” terang mahasiswa Deakin University Melbourne, Australia.
 
Memang fokus ubahan terletak pada sektor mesin dan transmisi yang rata-rata mengandalkan racing parts hasil hunting dari eBay.
 
Dari Amerika kirim ke Australia tidak terkena pajak jika barang masih di bawah US$ 1.000. Tinggal pintar-pintar mengatur shipment saja agar tidak melebihi harga yang ditentukan.
 
Ubahan pada mesin memang sedikit ekstrem walaupun masih bisa dipakai untuk harian. Agar lebih menghemat budget, sengaja piston tidak menggunakan aftermarket.
 
Cukup pakai piston bawaan Honda Integra 1988 ZC, DOHC dengan kode piston PM7.
 
Kompresi standar 9,2:1 langsung melejit sampai 11,5:1 tanpa slip head atau slip block. Camshaft menggunakan buatan Blox stage 2.
 
 “Jujur saja agak nyesel beli stage 2. Mending sekalian stage 3, kan sudah jarang dipakai harian,” terang pemukim daerah Puri Indah, Jakbar.
 
Agar udara masuk lebih banyak, model single throttle body diganti dengan individual. Artinya tiap silinder dilayani oleh 1 throttle body. 
 
Untuk ini mempercayakan buatan OBX. Tapi, ada mitos yang menyebutkan penggunaan individual throttle body harus menggunakan ECU stand alone.
 
Namun piggyback Dastek sanggup kok buat throttle model ini. Supaya tenaga dapat tersalur dengan sempurna ke roda, diperlukan kopling dan dekrup yang memadai.

Mengandalkan paket dari Clutch Master, berupa kopling 6 puck, dekrup dan flywheel. Bobot flywheel hanya 4 kg, sedang standar pabrik mencapai 8 kg.

 
Biasanya ditakutkan akan hilang torsi jika flywheel terlalu ringan. “Tapi torsi tidak hilang. Sudah tes dyno, malah bertambah kok,” sebut pehobi biliar ini. Ayo tes di event drag race Sentul dong bos. 
 
Data Modifikasi

Mesin: - Piggyback Dastek Unichip Q+, Dastek i-Drive, Header Bisimoto, Camshaft Blox Stage 2, Per Klep Brian Crower, Retainer Crower, Cam gear Bisimoto, Kepala Silinder P08 VTEC,
              Blok Mesin ZC 1600, Koyorad (Radiator, Tutup Radiator), Tutup Distributor MSD, Koil Accel, Tutup Oli Mugen, Slang Radiator Billion, Piston OEM Honda PM7, OBX Individual
              Throttle Bodies 48 mm, Kopling Set Clutch Master, Flywheel Clutch Master, ECU P28 Remapped, Kabel Busi Blue Thunder, Muffler J’s Racing, Injektor H22,
              Pompa Bensin Walbro 255 LPH, A’PEXi SAFC Neo

Eksterior:   -  Repaint Blue by Art Factory, Carbon Fiber (Kap Mesin, Canard, Diffuser Belakang, Tutup Tangki Bensin), Custom Splitter, Bumper Struts Shock Rod

Interior:     -  Custom Roll Cage, Jok Sparco Pro-ADV, Pedal Set Mugen, Tachometer Faze, Stir OMP Suede, Shift Knob ARC Titanium, Short Shifter Z-Speed

Kaki-Kaki: - Cakram Depan ATE, Cakram Belakang Drilled, Pelek Enkei RP F1 16 Inci, Ban Toyo Proxes 4 195/50R16, Sokbreker Bilstein, Coilover Kit

Plus:
Mesin kencang didukung dengan pengereman yang baik
Minus:
Tidak ada AC menyulitkan keluar ketika musim hujan


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa