Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Mobilio 2014, Perpaduan Dua Gaya

Dimas Pradopo - Sabtu, 27 Desember 2014 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mobil keluarga saat ini juga cukup banyak dipakai oleh kawula muda. Tentu saja akan dimodifikasi sesuai hasrat hatinya

Jakarta - Menggabungkan konsep elegan dan sporty dalam satu mobil keluarga perlu memiliki pertimbangan yang sangat matang. Sebab jika salah, tampilan mobil akan compang-camping.Berbekal sering mengikuti event balap, kontes serta memiliki bengkel, Rendy Ruipassa pemilik BTX Concept di Bandung coba menggabungkan konsep tadi dalam Honda Mobilio keluaran 2014.

Sebelum membeli, Botax, demikian biasa disapa sudah merencanakannya secara matang. Sebab itu warna putih menjadi pilihan utamanya. "Termasuk gampang untuk bisa tampil beda. Elegan dan sporty bisa diadopsi di warna ini," jelasnya.Perpaduan kedua konsep ini benar-benar memiliki porsi yang sangat jelas. Tampilan sporty ditonjolkan pada bodi dan eksterior, sementara untuk elegan lebih di kabin. "Salah satu alasannya supaya kabin tetap nyaman," sambung Botax lagi.

Dengan memperbaiki tatanan kabin. Botax tidak memindahkan barang, tapi mengoptimalkannya. Seperti jok yang berbahan fabric langsung diganti. Pakai bahan kulit Nappa Edelweis Stigma. Menurut Botax, saat ini bahan kulit tersebut memang sedang digandrungi karena teksturnya yang sangat halus.Giliran mau meningkatkan aura sporty, eksterior yang digarap. Kap mesin asli digusur, berganti bahan karbon Kevlar. Warna hitam serta teksturnya yang mirip jalinan benang saling tumpah tindih memberikan nuansa tersendiri. Di samping itu, bobot yang tereduksi juga tergolong banyak.

Penggunaan bahan yang sama juga diterapkan pada fender. Sehingga bagian depan terlihat seperti satu kesatuan. Modifikasi seperti ini biasa dikenal dengan sebutan Thai Look. "Sebenarnya, fender ini punya Brio. Daripada nganggur di gudang, lebih baik dipasang. Ternyata tidak ada perbedaan apapun antara Brio dan Mobilio," sebutnya.Tampilan sporty juga hadir dari pemakaian pelek Advan dengan ukuran 17 inci. Pelek dengan lebar 7 inci di depan dan 8 inci di belakang ini berbalut ban Falken dengan ukuran 205/40RR17. 

Supaya semakin sempurna, ketinggian bodi sedikit direduksi. Caranya bukan dengan memotong per, tapi mengganti keluaran H&R yang sudah pendek. Meski demikian bantingan suspensi tetap terasa nyaman.Merasa belum puas, Botax memasang knalpot full system keluaran ORD. Kemudian ujungnya pakai Fujitsubo. Hasilnya cukup menggambarkan nuansa sporty, karena knalpot tersebut menghasilkan suara menderu yang merdu.

Dengan ubahan yang dilakukan, Botax mampu memberi gambaran kalau mobil keluarga sekalipun dapat tampil sangat menarik. •(otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

-Mesin hanya pengerjaan ringan dan ditambah piggyback supaya bisa maksimal

No caption
No credit
No caption

-Muffler Fujitsubo untuk mengentalkan nuansa sporty

No caption
No credit
No caption

- Perpaduan gaya serta penggunaan barang yang pas, menjadikan Mobilio tampil berbeda


-Jok berganti bahan serta model. Membuatnya jadi lebih nyaman

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa