Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Freed PSD 2011, Mobil Keluarga Aliran Racing

Dimas Pradopo - Sabtu, 20 Desember 2014 | 11:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

-Walau dilahirkan sebagai mobil keluarga, tapi bukan berarti enggak bisa   dipakai buat balap kan!  

Jakarta - Buat Firza Zolan dan keluarga, mobil merek Honda adalah segalanya. “Di rumah ada Accord, CR-V, Jazz GE8 dan Freed ini. Semuanya Honda pokoknya, hehehe,” kekeh Firza, panggilan akrabnya.Sebelum pakai Freed yang aslinya berwarna putih ini, Firza pakai Jazz dan sudah dimodifikasi juga.

 “Bosan juga, akhirnya Jazz dijual dan gue pakai Freed punya nyokap,” ujar pria ramah ini. Di tangannya, Freed ini sempat dimodifikasi dengan aliran stance mepet fender.Namun gaya mepet fender ini cuma bertahan 3 minggu saja, ia pun kembali memodifikasi MPV miliknya ke aliran JDM. 

“Sama mekanik gue ditantangin buat bikin MPV kencang, akhirnya jadilah semua parts racing Jazz pindah ke Freed,” bisik pemuda 21 tahun ini.Kepala silinder Freed yang masih ‘perawan’ pun dipindahkan ke Jazz dan begitu juga sebaliknya. 

Lalu puli crankshaft juga diganti dengan lansiran Arospeed yang lebih ringan, throttle body Spoon juga diangkut bareng Vortex Power untuk menstabilkan arus listrik. Oh iya, throttle control i-Drive yang berfungsi mengatur bukaan throttle dengan 3 step juga dipasang lagi.

Guna memperlancar gas buang, down pipe dan front pipe J’s Racing dan muffler Spoon dipasang. Filter udara diganti dengan replacement filter K&N. Dengan setingan bengkel Firna Protechnic ini, ia sempat mencetak waktu 17,8 detik di drag race Sentul kelas 18 detik dan mendapat juara 1 dan juara 2. Mantap!

Mendukung kestabilan saat balap, kaki-kaki dipasang per RS*R dengan kombinasi sokbreker Jazz GD3. Peleknya dipilih Spoon CR93 15 inci lebar 7 inci, bannya pakai Achilles 123 ukuran 195/50R15. Siapa bilang MPV keluarga enggak bisa kencang, hihihi... •(otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

-Interior sarat pernik balap, enaknya dasbor Freed yang rata bisa dijadikan   tempat menaruh ragam indikator

No caption
No credit
No caption

-Jok tengah dan belakang rela dicabut untuk pasang roll-bar


-Mesin racikan Firna ini tembus 17,8 detik saat diuji di drag race Sentul



Tampil ala Spoon

Menggenapi modifikasinya, seluruh bodi Freed ini dibalut stiker ala Spoon. “Paduan warna kuning dan biru ini adalah style-nya Spoon, biru di depan dan kuning di belakang,” yakin Firza.

Masuk ke kabin, setir replika Spoon dan 6 indikator Defi sudah terpasang untuk memantau kondisi mesin sekaligus mengentalkan nuansa street racing. Oh iya, Firza juga memasang tombol engine start Pivot dan engine cut off Hella. “Semuanya berfungsi loh!” serunya.

Tak hanya itu, perangkat pendukung safety seperti roll-bar 4 titik dan sepasang bucket seat Recaro, serta safety belt Takata 4 titik turut terpasang. Selain untuk gaya, semuanya berfungsi menjaga Firza saat balap.

Meski begitu, Freed ini masih setia menemani kegiatan sehari-hari Firza kemana pun ia pergi. Mulai dari kuliah, hang-out, sampai ikut kontes modifikasi. “AC dan PSD-nya saja masih aktif, hehehe,” kekehnya.


Tren Grafis Spoon 

Spoon Versi Indonesia

Di ajang kontes modifikasi beberapa waktu lalu, OTOMOTIF melihat 9 Honda Jazz dari berbagai generasi yang di-body wrap dengan stiker warna biru dan kuning. Langsung teringat dengan motif Spoon, salah satu tuner andalan Honda.

Namun setelah dilihat lagi, ada sedikit ‘kejanggalan’ dari ke 9 Jazz ini. Ternyata benar, kalau Spoon asli pakai kombinasi warna biru di depan dan ¾ bagian bodi ke belakang berwarna kuning. Namun tidak demikian dengan deretan Jazz ini. Kombinasinya kuning di depan dan ¾ bodi ke belakang berwarna biru. Loh kok malah terbalik?

“Kami dari klub Jazz Fit Club (JFC) memang sedang di-endorse oleh pabrikan ban GT Radial selama 1 tahun untuk mengikuti berbagai kegiatan mereka. Kami memilih motif Spoon ini sebagai jati diri. Tapi supaya beda, motif kuning birunya dibalik,” jelas Benny Sualdani, Ketua Umum JFC. “Jadi istilahnya Spoon versi Indonesia, hahaha,” gelaknya.

Sebenarnya hanya 5 mobil yang di-endorse oleh GT Radial. “Sementara 4 anggota lain yang mau ikutan juga, tapi branding-nya JFC, bukan GT Radial,” tukas Benny.

Wah, boleh juga ya… Spoon versi Indonesia. Kreatif! • (otomotifnet.com)

Data modifikasi
Puli crankshaft Arospeed, throttle body Spoon, Vortex Power, Throttle control i-Drive, downpipe dan front pipe J’s Racing, muffler Spoon, replacement air filter K&N, tombol engine start Pivot, engine cut off Hella, rollbar 4 titik custom, per RS*R dan sokbreker Jazz GD3, pelek Spoon CR93 15 inci lebar 7 inci, ban Achilles 123 195/50R15, bucket seat Recaro, seat belt Takata 4 titik, indikator Defi 




Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa