Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Vitara 1995, Si Manis Yang Bengis

Dimas Pradopo - Minggu, 30 November 2014 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Selain pekerjaan, hobi juga harus dijalani dengan sangat serius. Tidak peduli dengan pengorbanannya

Memiliki hobi di dunia otomotif serta menjelajah hutan belantara jelas membutuhkan kendaraan yang tangguh. Terlebih jika dilakukan bersama rekan-rekan sehobi. Bermodal mobil standar saja terkadang tidak cukup, terlebih jika medan yang dilalui sangat ekstrem. Modifikasi ‘gila-gilaan' menjadi jalan keluarnya. Seperti dilakukan oleh Mohammad Suhendra terhadap Suzuki Vitara keluaran 1995 miliknya.

Ganti Mesin

Si Manis, julukan mobil tersebut telah dilakukan segala macam bedah. Mulai bedah plastik, logam sampai jantung segala. "Jadi kalau ketemu medan yang sangat ekstrem, saya bisa cukup tenang," komentar Hendra, panggilannya.

Untuk jantung, mesin dengan kodel G16B, bensin, berkapasitas 1.600 cc telah diganti pakai punya Toyota dengan kode 1KZ-TE. Instalasi mesin serta penyesuaian dengan komponen lainnya dilakukan oleh Soleh, dari bengkel Teambull Workshop di Jagakarsa, Jaksel.

Ada banyak pertimbangan mengapa pria berusia 41 tahun ini memilih mesin diesel tersebut. "Sebelum menentukan, saya banyak diskusi dengan sesama penggila off-road dan Suzuki. Baik dari dalam dan luar negeri," ujarnya.Pertimbangan pertama, mesin diesel tidak memiliki banyak kabel-kabel elektronik.

Sehingga jika sampai terendam air masih relatif lebih aman dibanding mesin bensin. Dengan catatan, di mesin tersebut tidak ada kebocoran.Dengan demikian, Hendra tidak perlu takut mogok karena urusan kelistrikan. Memang perangkat ini biasanya dibikin waterproof, namun terkadang juga kurang maksimal.

Selain itu, mendapatkan solar dianggap lebih mudah. Indikatornya cukup mudah, di lokasi event Indonesia Off-road Expedition (IOX) 2015 terdapat banyak truk 

yang bahan bakarnya solar.Alasan lainnya karena mesin ini memiliki dimensi yang cukup kecil, namun menghasilkan tenaga dan torsi cukup besar. Sehingga sangat berguna ketika diajak adventure off-road.Secara teknis, mesin ini memiliki tenaga sebesar 130 dk/3.600 rpm dan torsi 287 Nm/2.000 rpm. Berkapasitas 2.900 cc dengan teknologi SOHC dan 2 klep per silindernya.

Lihat torsi yang bisa dihasilkan, sudah sangat besar bahkan saat putaran bawah sekalipun. Sehingga ketika bertemu rintangan, tidak perlu injak pedal gas terlalu dalam untuk mencari torsi.

Full Pillowball

Supaya Si Manis tetap enerjik layaknya model di catwalk, kaki-kaki juga dilakukan bedah. Sangat terlihat kalau komponen kaki-kaki standar tidak lagi ada yang tersisa. Untuk urusan tersebut pria ramah ini melakukan order langsung ke Trial Tough di negeri Barack Obama. Saat order, berbagai kondisi dan keinginan diikutsertakan supaya hasilnya maksimal.

Dengan kaki-kaki yang sudah full pillowball tersebut membuat pergerakan mobil menjadi lebih luwes. Sehingga mampu bergerak di berbagai tingkat kesulitan dengan baik.Meski sudah luwes, namun pergerakan serta pijakan juga harus kokoh. Tidak salah jika akhirnya dipilih gardan Toyota Prado untuk menggantikan posisi gardan standar. Selain lebih kuat, gardan Toyota ini juga lebih lebar. 

Sehingga, Si Manis dapat berdiri dengan kokohnya.Untuk ‘mengais' di kubangan, kedua gardan ditambah alat bantu, yakni locker. Bagian depan pakai keluaran ARB sedang belakang lebih percaya Detroit Locker.Supaya saat mengikuti IOX 2015 Si Manis dapat tampil bengis, Hendra menambahkan winch Warn M12000. Recovery kit heavy duty ini ditempatkan di tengah untuk membantu melengkapi winch depan dan belakang.Untuk urusan kaki-kaki dan bodi, bengel Innotech Offroad di Cireundeu diminta untuk mengerjakan.• (otomotifnet.com)

Data Modifikasi

Mesin                       : Toyota 1KZ-TE 
Oil cooler : Custom 
Performance tuning  : Chip Tuningbox by Speedbox,Italia 
Radiator                   : Toyota Landcruiser VX Dasbor: 
Aluminium Aki           : Optima Kuning (2) 
Alternator                : 200 Amp 
Final gear                 : Nitro, 4,88 
Transfercase            : Trail Creeper. Reduction gear 4,7:1 
Gardan                   : Toyota Prado 
Ban                       : Simex, 35 inci 
Pelek                       : Landcruiser VX 
Sokbreker              : Coilover Profender 12 inci (depan), 10 inci(belakang) 
Sokbreker setir     : Profender 
Kaki-kaki                 : Trail Tough 
As roda                    : Chromoly 
Winch depan           : Warn 8274, dengan double motor giggle pinpro series 
Winch tengah          : Warn M12000 Heavy duty 
Winch belakang       : Tabor 
Tali                          : Plasma 
Jok depan                : Mastercraft 
Jok belakang            : OMP Single seater 
Audio                       : JVC Marine series waterproof

No caption
No credit
No caption

Dasbor bikin ulang, sekaligus ditanamkan berbagai tombol dengan kategori penting

No caption
No credit
No caption

Mesin diesel lebih tahan air sehingga cocok untuk adventure off-road

No caption
No credit
No caption

Inverter menjadi perangkat wajib bagi maniak adventure off-road. Sangat banyak kegunaannya


Di rak ini tergantung banyak barang-barang yang siap dipakai ketika adventure off-road





Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa