Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tatanan Audio Nissan X-Trail, Melebihi Harga Mobilnya!

Senin, 27 Oktober 2014 | 19:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bagi sebagian orang, langkah Jimmy, pemilik Nissan X-Trail ini dianggap tak masuk akal. Karena harus menggelontorkan dana lebih dari Rp 100 juta untuk mendandani audio buat mobil yang harganya lebih rendah.

Tapi apa mau dikata, pengusaha sepatu dari Surabaya ini sudah jatuh cinta dengan SUV bikinan Nissan ini.  "Lagi pula, ini juga bukan mobil satu-satunya. Tapi, mobil hobi ketika ada keperluan di Jakarta," tegas Jasum, installer dari Pesona Audio yang buka gerai di daerah Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Besarnya dana yang tersedot bisa dilihat dari peggunaan komponen high end yang dipakai. Hampir semuanya menggunakan part berkualitas tinggi yang kerap dijumpai di ajang-ajang kontes audio.  "Untuk pengkabelannya saja sudah menghabiskan Rp 15-20 juta," tambah pria asli Purwokerto ini.

No caption
No credit
No caption

Subwoofer 8 inci sebanyak 4 buah. Perlu aki tambahan agar suplai listrik tidak tekor
No caption
No credit
No caption

Power Orion monoblok. Membantu tendangan nada rendah

Treatment yang dilakukan pun layaknya mobil kontes. Seperti pemasangan peredam menggunakan Visel pada seluruh bodi. Mulai atap, dek bawah, seluruh pintu hingga fender dan sepatbor. Langkah ini dilakukan agar kabin lebih senyap karena tidak terdistorsi suara dari luar.

Source utama menggunakan head unit Alpine INAW 520. Untuk memudahkan setting, dibantu dengan prosessor Alpine PSA 8000 plus ROX. Untuk menghasilkan tendangan suara yang kuat dari speaker Venture 2-way, output dari prosesor ini diperkuat dengan power legendaris McIntosh 6 channel.

No caption
No credit
No caption

Source utama menggunakan head unit Alpine INAW 520. Kerap diandalkan di ajang kontes

Mid bass Scan speak Revelator. Tendangan makin kuat dengan dukungan power McIntosh

Komposisi instalasi pun unik. 1 channel dihubungkan dengan tweeter, sedangkan 2 channel di-bridge mono dan dihubungkan dengan midbass ScanSpeak Revelator. Analogi gampangnya, bila ada dua keran air, dihubungkan jadi satu dan output-nya dialirkan pada satu selang, bagaiamana kekuatan semburan airnya? Pasti lebih kencang. Nah, begitu juga kekuatan suara pada midbass ini.

Begitupun pada suplai nada rendah yang menggunakan subwoofer Venture berdiameter 8 inci. Bukan hanya satu atau dua, tapi 4 buah. Biar suplai listrik tidak tekor sehingga suara bass bakal timbul tenggelam. "Saya memakai aki tambahan merek Fiam dengan daya 50 Ampere. Biar arus tetap rata, ditambahkan dua buah kapasitor bank," tambah pria berkacamata ini.

Dengan bertaburnya merek-merek terkenal ini, pantas saja jika menghabiskan dana lebih dari harga mobilnya. • (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa